Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Masyarakat Diimbau Terapkan Pola Hidup 3M

KAYANTARA.COM, MALINAU – Lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Tarakan maupun tingkat nasional menyita perhatian Pemkab Malinau.

Olehnya itu, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Malnau kembali diingatkan agar tetap mematuhi anjuran pemerintah yakni tetap menjalankan pola hidup sehat, aman dan produktif.

Sekretaris Daerah Malinau Sekaligus Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Malinau Ernes Silvanus mengatakan kasus Covid-19 jika dilihat secara nasional memang masih terus meningkat.

Begitu pula di wilayah Kaltara khususnya di Tarakan juga mengalami peningkatan. “Melihat hal itu, tentu kita harus tetap waspada dan lebih bijak dalam menjalankan protokol kesehatan ke depan,” ujar Ernes, Senin (23/11).

Dia menyarankan kepada masyarakat  maupun aparatur sipil negara (ASN) untuk menjalankan sesuai dengan pola yang ada di Malinau yaitu pola hidup sehat, aman dan produktif.

Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, masyarakat harus tetap sehat, aman dalam melaksanakan aktivitas dan berproduktif.

“Kita juga menyarankan kepada masyarakat yang tidak terlalu berkepentingan keluar daerah untuk dapat menahan diri dulu,” imbuh dia.

Tak hanya itu, lanjut Ernes mengatakan kepada petugas yang sedang berjaga di pelabuhan, Bandara untuk lebih ketat lagi dengan aturan-aturan yang sudah berjalan selama ini.

“Mulai dari kelengkapan dan anjuran ketika masuk ke malinau untuk dapat mengisolasi mandiri,” katanya.

Jangan sampai, kata Ernes, Malinau menambah kasus konfirmasi. Padahal, selama 2 minggu lalu Malinau telah sempat zero. “Cukup satu saja kasus konfirmasi. Dan sejauh ini untuk malinau belum ada penambahan. Semoga tidak ada penambahan sampai akhir tahun,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan PPKB Malinau dr.John Felix Rundupadang,MPH mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin dan patuh menjalankan protokol kesehatan untuk keselamatan pribadi, keluarga dan masyarakat.

“Bagi setiap penduduk yang baru datang di Malinau atau baru saja pulang dari zona merah agar sedapat mungkin mengisolasi diri atau menjaga dengan ketat interaksi dengan orang lain, termasuk keluarga dekat,” imbuhnya.

Dia berharap masyarakat untuk selalu menjalankan 3M plus. Yakni pertama selalu menggunakan masker standar dengan cara yang benar. Kedua sesering mungkin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Ketiga itu menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Dan selalu olahraga yang teratur, makan dengan gizi seimbang, kelola stress dan istirahat yang cukup serta jangan lupa berdoa,” pungkasnya (adv/eby)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here