Ini Program Kerja 100 Hari Zainal – Yansen Usai Dilantik Presiden

Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP saat foto bersama dengan Presiden dan Wakil Presiden di Istana Negara, pagi tadi.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Resmi sudah Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH, M.Hum dan Dr. Yansen Tipa Padan M.Si menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) setelah dilantik oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Senin (15/2/2021).

Seremonial pelantikan tersebut sekaligus menandai mulai bertugasnya mantan Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kaltara dan mantan Bupati Malinau ini sebagai kepala daerah di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara.

Usai terpilih, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang sudah menyusun rencana ke depan. Usai dilantik, Zainal Arifin dan Yansen TP akan keliling Kaltara bertemu dengan bupati dan wali kota serta tokoh masyarakat.

“Saya dan pak wagub akan keliling Kaltara untuk bertemu dengan tokoh-tokoh dan para bupati dan wali kota,” ujar Zainal Arifin Paliwang dalam keterangannya kepada awak media. 

Sementara untuk agenda melantik bupati dan wakil bupati terpilih di Kaltara, Zainal Arifin Paliwang mengaku menunggu Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Karena Zainal Arifin Paliwang merencanakan untuk melantik serentak.

Adapun untuk program kerja 100 hari ke depan,  Zainal Arifin Paliwang juga telah merencanakannya. Penanganan pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) menjadi prioritas untuk dilaksanakan.

“Terutama bagaimana penangangan Covid-19, supaya tidak setiap hari bertambah tetapi berusaha untuk menekan supaya yang positif pun segera sembuh dari virus ini. Kemudian untuk ke depan kita nanti membuat semacam posko-pokso penanganan covid di setiap kelurahan,” beber Zainal Arifin Paliwang.

Program kerja lainnya, ditegaskan Zainal Arifin Paliwang, tidak menyimpang dari apa yang sudah dijanjikan saat berkampanye.

“Kita tidak menyimpang dari apa yang sudah kita janjikan ke masyarakat. Kita prioritaskan infrastruktur segera kita betulkan, pendidikan, pertanian, itu yang menjadi prioritas kita,” tegasnya. 

Untuk pembangunan di perbatasan, Zainal Arifin Paliwang menegaskan bahwa Kaltara jangan sampai kalah pembangunannya dari negara tetangga. Ini sebagai bentuk perhatian Pemprov Kaltara terhadap daerah perbatasan. 

“Kalau negara tetangga buat jalan 4 meter, kita 6 meter, kalau tetangga buat gedung 6, kita buat 7 atau 8. Kita akan upayakan terus supaya juga menjadi perhatian daripada warga kita yang ada di perbatasan ini harus lebih diperhatikan,” tegasnya. 

Di sektor pendidikan, Zainal Arifin Paliwang akan memperhatikan kesejahteraan tenaga pendidik, termasuk pola-pola yang akan diajarkan kepada anak didiknya, baru kepada pembenahan fasilitas-fasilitas pendidikan. 

Di bidang ekonomi, untuk menaikkan pendapatan, Pemprov Kaltara akan membenahi infrastruktur yang bisa mengangkut hasil-hasil pertanian rakyat. Selain itu, menghidupkan UMKM serta koperasi. 

Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP, ia bersama Gubernur Kaltara akan melanjutkan perintahan Provinsi Kalimantan Utara yang sesuai dengan visi misi yang sudah dicanangkan.

“Yang baik kita lanjutkan yang kurang kita ubah, kita perbaiki sesuai dengan visi misi yang menjadi tekad kami, mewujudkan Kalimantan Utara yang berubah, maju, sejahtera, menjadi sebuah kekuatan untuk bagaimana Indonesia hadir ditengah-tengah masyarakat Kalimantan Utara,” tuturnya.

“Saya kira Kalimantan Utara ini sangat luar biasa luasnya. Kemudian saya kira janji kami berdua membangun Kaltara itu bagaimana memberdayakan seluruh kekuatan yang ada di setiap kabupaten kota, sebagai pilar daripada provinsi Kalimantan Utara,” tegas mantan Bupati Kabupaten Malinau ini. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here