Pembangunan Jaringan Fiber Optik Rampung 100 Persen

Didampingi teknisi dari Icon Plus, Perumda Tarakan Media Telekomunikasi melakukan pengecekkan terhadap jarigan FO. (foto: Istimewa)


KAYANTARA.COM, TARAKAN – Pembangunan jaringan fiber optik yang dilakukan Pemkot Tarakan melalui Perumda Tarakan Media Telekomunikasi telah rampung seratus persen.

“Secara fisik p mbangunan jaringan FO sudah selesai pada 12 Februari tahun ini. Selanjutnya tinggal pengecekan secara berkala,” kata  Kepala Bagian Operasional Perumda Tarakan Media Telekomunikasi Aidil S.Kom, M.Kom, Kamis (4/32021)

Pengecekan yang dilakukan bersama pihak ketiga selaku pemenang tender yakni Icon Plus untuk memastikan jaringan internet dapat terkoneksi dengan baik pada Network Operation Center (NOC) pada Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Pemkot Tarakan.

“Pengecekkan secara berkala dilakukan setiap bulan untuk memastikan program Smart City yang diprogramkan pak Walikota Khairul. Sehingga harus betul-betul terkoneksi di setiap OPD-OPD yang nanti sentralnya melalui Diskominfo,” katanya.

Pengecekan dilakukan pada jalur distribusi 24 core menuju end user. “Operasionalnya kemungkinan kita mulai tanggal 1 April. Sebelum launching maka kita harus memastikan  di setiap OPD yang kita hubungkan dengan jalur FO ini sudah terkoneksi atau tidak,” jelasnya.

Kabel FO yang dibangun Perumda Tarakan Media Telekomunikasi untuk jalur utama sepanjang 7 kilometer. Dimulai dari Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Mulawarman sampai di Jalan Yos Sudarso tepatnya di Kantor Kecamatan Tarakan Barat, dilanjutkan ke Karang Balik di belakang Hotel Makmur dan finish Kantor Wali Kota Tarakan. 

Kabel FO ini menyambungkan 22 OPD di lingkungan Pemkot Tarakan. Sehingga nanti jalur internet maupun penggunaan aplikasi di setiap OPD tersentral melalui Diskominfo, Statistik dan Persandian.

Ke depan,  pihaknya akan melayani kantor-kantor swasta termasuk BUMN. 
Dengan begitu, Perumda Tarakan Media Telekomunikasi turut andil dalam memberika pelayanan terbaik, untuk mendukung tersedianya jaringan internet di setiap OPD, dalam pemanfaatannya untuk pelayanan masyarakat. (kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here