Perangi Covid-19, LPM Lingkas Ujung Tempelin Stiker Prokes di Rumah Warga




KAYANTARA.COM, TARAKAN – Penyebaran Covid-19 di Kota Tarakan kian merajalela. Bahkan telah merambat di 20 kelurahan. Termasuk di Kelurahan Lingkas Ujung Kecamatan Tarakan Timur.

Hingga hari ini, Minggu (7/3/2021), Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltara mencatat jumlah kumulatif kasus terkonfirmasi positif sebanyak 5.395 orang.

Jumlah itu meliputi pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 4.005, masih dirawat 1.294, dan meninggal 96 orang.

Masalah ini pun terus menjadi perhatian serius oleh seluruh pemerintah dan elemen masyarakat. Tak terkecuali Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Lingkas Ujung.

Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, bersama pihak kelurahan, Karang Taruna dan PKK setempat, LPM Lingkas Ujung mengadakan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 ke masyarakat, Minggu (7/3).

Sosialisasi dilakukan dengan cara menempelkan seribu stiker prokes ke tiap rumah warga yang dikoordinir langsung oleh Ketua LPM Lingkas Ujung, Fajar Ngewa dan Lurah Lingkas Ujung, Irminarini Sulistyawati.

Tak hanya itu, program kerja bidang kesehatan LPM Lingkas Ujung yang baru sebulan baru terbentuk ini juga membagikan 8 dos masker, dan 500 brosur prokes Covid-19.

“Kegiatan ini dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Khususnya di Kelurahan Lingkas Ujung,” kata Fajar Ngewa.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil rapat kerja LPM Lingkas Ujung, Sabtu (6/3) malam, selain bidang kesehatan pihaknya juga punya program kerja pada bidang lainnya.

Di antaranya, bidang keagamaan, lingkungan, pemberdayaan perempuan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Untuk bidang lingkungan misalnya, LPM Lingkas Ujung memprogramkan pengadaan bank sampah.

Sementara bidang keagamaan, ujar Fajar, telah memprogramkan menghapus buta aksara Alquran.

Selanjutnya pemberdayaan perempuan, LPM akan meningkatkan keterampilan masyarakat seperti pelatihan dan lainnya.

“Untuk bidang ekonomi kerakyatan kita akan mengadakan Pasar Minggu. Karena masyarakat Lingkas Ujung ini memiliki banyak potensi yang telah mereka hasilkan. Seperti olahan hasil laut dan UKM lainnya. Nah di Pasar Minggu itulah tempatnya untuk memasarkan produk-produknya,” jelasnya.

Terkait ini, Lurah Lingkas Ujung Irminarini Sulistyawati mengaku bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap kegiatam LPM tersebut.

“Alhamdulillah LPM kali ini mulai bangkit dan memiliki program kerja yang sangat baik serta positif bagi masyarakat. Hari ini salah satunya. Mudah-mudahan kegiatan hari ini menjadi langkah awal LPM Lingkas Ujung untuk melaksanakan program kerjanya di selanjutnya,” kata Irminarini. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here