BI Launching Pembayaran PNBP SIM, STNK, BPKB dan SKCK Melalui QRIS

KAYANTARA.COM,TARAKAN-Untuk mendorong perluasan transaksi non tunai menggunakan kanal QRIS di wilayah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), khususnya Kota Tarakan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) bekerjasama dengan Kepolisian Resort Kota Tarakan menyelenggarakan kegiatan

“Launching Pembayaran PNBP SIM, STNK, BPKB dan SKCK di Polres Tarakan melalui Kanal Pembayaran QRIS” yang dirangkai dengan Rally Wisata Kota Tarakan.

Adapun launching ini merupakan tindaklanjut atas implementasi pembayaran secara non tunai untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) berupa pembuatan/perpanjangan SIM, STNK, BPKB dan SKCK di Polres Tarakan yang merupakan inovasi atas pelayanan oleh Polres Tarakan kepada masyarakat sebagai bagian peningkatan layanan kepada masyarakat menggunakan teknologi berbasis digital.

Kegiatan launching ini dilakukan secara virtual yang dihadiri langsung oleh Kepala KPwBI Kaltara Yufrizal dan Kapolres Tarakan AKBP Fillol Praja Arthadira.

Dalam sambutannya, Yufrizal menyampaikan bahwa Bank Indonesia terus mendorong inovasi sistem pembayaran yang aman dan sehat ditengah pandemi Covid-19 ini, dan salah satunya adalah kanal pembayaran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

“Banyak manfaat yang diperoleh dalam transaksi non tunai yaitu lebih aman tidak terekspos risiko antara kehilangan dan uang palsu, selain itu lebih efisien dan praktis tercermin bagi merchant yang tidak perlu menyiapkan uang kembalian dalam bertransaksi selain itu setiap transaksi tercatat dengan baik melalui rekeningnya”, tutur Yufrizal.

Pada kesempatan yang sama, AKBP Fillol Praja Arthadira melalui sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang telah bersinergi dengan Polres Kota Tarakan dalam mendorong digitalisasi dalam pembayaran SIM, STNK, BPKB dan SKCK secara non tunai melalui kanal pembayaran QRIS.

“Melalui program ini, Polres Kota Tarakan berharap lebih memudahkan bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran layanan pembuatan atau perpanjangan SIM, STNK, BPKB dan SKCK”, pungkas Fillol.

Kegiatan launching ini yang dirangkai dengan Rally Wisata Tarakan terselenggara atas kerjasama antara Polres Tarakan, KPwBI Kaltara, yang didukung juga Dinas Pariwisata Kota Tarakan, Ikatan Mobil Indonesia (IMI), Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yaitu Link Aja dan Bank Kaltimtara dan beberapa instansi lain yang ikut berpartisipasi antara lain Jasa Raharja.

Pada kegiatan launching juga dilakukan sosialisasi dan edukasi mengenai penggunaan pembayaran non tunai melalui kanal Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), yang saat ini semakin digalakkan sebagai metode transaksi yang aman dalam kondisi physical distancing dan pemberlakuan no touch protocol juga mengenai tata cara pembayaran non tunai pembuatan/perpanjangan SIM melalui kanal pembayaran QRIS.

Bank Indonesia menargetkan terdapat total 12 juta merchant QRIS aktif pada tahun ini guna mendukung pelaksanaan ekonomi digital di Indonesia.

Setelah acara launching, dilanjutkan kegiatan Rally Wisata Tarakan, dengan jumlah peserta sebanyak 23 peserta dengan titik start Taman wisata Berkampung Tarakan mengelilingi Tarakan dengan melalui poin-poin daerah wisata yang ada di Tarakan. Kegiatan yang diinisiasi oleh Satuan Lantas Polres Kota Tarakan bersama IMI bertujuan untuk memperkenalkan dan mendorong pariwisata di Kota Tarakan. (KPwBI)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here