SAKIP-RB Award 2020, Kaltara Raih Predikat BB

KAYANTARA.COM,TANJUNG SELOR-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo menyerahkan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota tahun 2020 dalam acara SAKIP-RB Award 2020 yang dilaksanakan di Jakarta pada Kamis (22/4).

Salah satu hasilnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) meraih predikat nilai BB untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan untuk Reformasi Birokrasi (RB) Kaltara juga memperoleh predikat BB.

Seperti dilansir dari halaman Menpan.go.id, Menteri Tjahjo dalam sambutannya menjelaskan, salah satu fokus percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi adalah penyederhanaan birokrasi, yang mengedepankan peningkatan pelayanan publik yang berkualitas dan terwujudnya pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Untuk mendorong penguatan reformasi birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di instansi pemerintah, Kementerian PANRB juga melaksanakan evaluasi setiap tahunnya,” terangnya.

Menteri Tjahjo memberikan apresiasi kepada pemda yang berhasil mendapatkan predikat AA, A, BB dan B pada hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi.

Untuk pemda yang mendapatkan predikat di bawah Baik, Menteri Tjahjo mendorong kepala daerah dan sekretaris daerah untuk meningkatkan komitmen serta melakukan perbaikan yang diperlukan dalam penerapan reformasi birokrasi dan SAKIP.

Pada hasil evaluasi RB tahun 2020, terdapat satu pemerintah provinsi berpredikat A; 4 pemerintah provinsi dan 8 pemerintah kabupaten/kota berpredikat BB; serta 21 pemerintah provinsi dan 115 pemerintah kabupaten/kota berpredikat B.

Sedangkan pada hasil evaluasi SAKIP tahun 2020 terdapat 1 pemerintah provinsi berpredikat AA; 3 pemerintah provinsi dan 11 pemerintah kabupaten/kota berpredikat A; 9 pemerintah provinsi dan 56 pemerintah kabupaten/kota berpredikat BB; serta 20 pemerintah provinsi dan 258 pemerintah kabupaten/kota berpredikat B. (rahman-DPMTSPKaltara/sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here