Nobar Literasi Diskusi oleh Gabungan Aliansi Mahasiswa Hadirkan Pesan Khusus

KAYANTARA.COM,TARAKAN-Gabungan aliansi mahasiswa menggelar nonton bareng (nobar) literasi diskusi film dokumenter berjudul Kinipan, Rabu (28/4) malam.

Hadir menyaksikan di antaranya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Borneo Tarakan, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Tarakan serta Literasi Musik Tarakan (Limust).

Usai menggelar nobar, panitia melanjutkan diskusi bersama aktivis Lembaga Advokasi Lingkungan Kaltara (Lalingka). Disusul dengan diskusi bersama mahasiswa.

Ketua Panitia Nobar Literasi Diskusi Muhammad Aswan mengatakan kondisi Kaltara saat ini tidak berbeda dengan film dokumenter Kinipan.

Artinya, ada beberapa perusahaan yang sudah melakukan eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Makanya kami bersama gabungan aliansi. Kita berharap bahwa ada tindakan tegas bahwa pemerintah terhadap masyarakat untuk melihat kondisi kita di Kaltara. Jangan sampai tindakan eksploitasi terus terjadi dan masyarakat terus dikebiri,” harapnya.

Menurutnya, SDA di Kaltara juga merupakan sebagai paru-paru dunia. Selain itu, pihaknya berharap masyarakat juga mencintai lingkungan, khususnya sungai-sungai yang ada di Kaltara.

“Ke depan kita sama-sama diskusi dan melakukan tindakan khusus. Seperti aksi peduli lingkungan atau menanam pohon. Kita juga harus memberikan solusi. Bukan hanya aksi terus dilakukan. Buktikan ini baik buat negara kita,” tegasnya.

Hal yang sama dikatakan Aktivis Lalingka, Andry Usman. Menurutnya, film garapan Dandy Laksono ini mewakili permasalahan pencemaran dan eksploitasi lingkungan di Bumi Benuanta.

Bahkan pola pembenturan antara masyarakat dengan pihak berwajib. Diskusi serta menjaga lingkungan dianggap perlu dilakukan.

Selain itu, ia berharap pemerintah perlu juga memberikan informasi kepada publik.

“Ketika memang ada masyarakat sipil dan NGO (Non Governmental Oranization) atau LSM yang minta keterbukaan data, silahkan diberikan pemerintah. Supaya tidak ada tanda kutip kedepan,” ungkapnya.

Sementara itu, Perwakilan Limust Rahman Sujana menuturkan nobar literasi diskusi bisa menumbuhkan kesadaran dan pemahaman kepada seluruh masyarakat.

Khususnya pemuda mengenai dampak eksploitasi lingkungan yang berlebihan serta pentinhnya menjaga kelestarian.

Menurutnya, lingkungan merupakan ekosistem dari manusia. Jadi sangat harus di yakini bahwa dengan menjaga dan tidak mengeksploitasi lingkungan secara berlebihan merupakan kewajiban masyarakat bersama sebagai umat manusia di bumi ini.

“Harapan saya dengan kegiatan ini juga menjadi terang bagi kami untuk mendukung regulasi dalam hal konservasi lingkungan. Mengingat upaya ini merupakan salah satu solusi dari sebuah dampak pembangunan,” singkatnya. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here