Peringati Bulan Mutu Perikanan Ikan 2021, Balai KIPM Tarakan Beri Bantuan 2,7 Ton Ikan ke Warga

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Memperingati Bulan Mutu Karantina Ikan 2021, Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPMKP) Tarakan, Jumat (7/5) menyalurkan 2,7 ton ikan sehat untuk masyarakat Tarakan, yang dikemas menjadi 900 paket bantuan.

Selain dalam rangka Bulan Mutu Karantina Ikan 2021, bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Tarakan, Khairul, merupakan bagian dari kampanye guna menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kualitas kesehatan, keamanan dan mutu ikan.

Wali Kota Tarakan Khairul menerangkan di tengah pandemi Covid-19 saati ini pemenuhan akan kebutuhan protein dan gizi seimbang sangat diperlukan masyarakat. Oleh karenanya, bantuan yang disalurkan BKIPM ini sangat patut diapresiasi guna mewujudkan masyarakat yang sehat.

“Yang utama Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan juga mengapresiasi kinerja yang dilakukan BKIPM Tarakan, karena telah berkontribusi mewujudkan dunia perikanan di Tarakan,” ungkap Khairul dalam sambutannya.

Pemkot Tarakan, lanjut Khairul, saat ini tengah berupaya memajukan sektor perikanan, melalui program strategis yang telah disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2024.

“Seperti kita ketahui, potensi perikanan dan kelautan di Tarakan sangat besar, semoga dengan kolaborasi ini terus meningkat sehingga dapat mensejahterahkan masyarakat Tarakan, khususnya yang menggantungkan hidupnya di sektor perikanan,” harap Khairul.

Sementara itu, Kepala BKIPM Tarakan Umar menambahkan, kegiatan ini merupakan rangkaian Bulan Mutu Karantina Ikan 2021. Yang mana, dalam kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 bulan, terhitung dari bulan April hingga Juni 2021 mendatang.

“Kalau pembagian ikan segar ini memang sengaja kita lakukan di bulan Mei yang bertepatan bulan Ramadan, tujuannya agar ikan sehat bermutu yang kita bagikan kepada masyarakat tepat sasaran,” jelas Umar kepada awak media.

Umar menyebutkan ikan sehat bermutu yang dibagikan BKIPM kali ini sebayak 2,7 ton, yang kemudian dipecah menjadi 900 paket. Selanjutnya, ikan–ikan segar dan sehat tersebut dibagikan kepada masyarakat yang tersebar di 4 kecamatan di Kota Tarakan.

“Sasaran kita para keluarga nelayan yang tinggal di pesisir kota Tarakan, harapan kita pembagian ikan segar ini dapat mencukupi pasokan protein dan gizi masyarakat Tarakan,” pungkasnya. (kt2)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here