PKK Malinau Diharapkan jadi Suri Tauladan dan Wadah Solusi

Pelantikan Pengurus TP PKK Malinau oleh Ketua TP PKK Malinau Maylenty Wempi. (Eby Chandra/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, MALINAU –Anggota Tim Pengerak PKK Kabupaten Malinau periode 2021-2026 yang baru saja dilantik diharapkan mampu bersinergi dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Malinau.

Tak hanya itu, anggota TP PKK Malinau juga diharapkan punya inovatif dan berkreasi dalam pemberdayaan masyarakat.

Ketua TP PKK Malinau Maylenty Wempi mengungkapkan dalam kegiatan ke depannya peran dari seluruh anggota PKK akan difokuskan kepada setiap keluarga-keluarga yang ada di tengah masyarakat desa.

“Kita ingin tingkatkan lagi pemberdayaan masyarakat dalam perihal keterampilan dan latihan-latihan yang dapat memberikan hajat di lingkungan keluarganya,” ujarnya usai melantik Pengurus TP PKK Malinau.

Istri Bupati Wempi W Mawa ini mencontohkan di Desa Pelita Kanaan dan Setarap, terdapat keterampilan dan kerajinan tangan yang dikhususkan untuk wadah makanan dalam setiap kegiatan-kegiatan.

 “Wadah ini terbuat dari anyaman bambu. Dan yang membuat adalah ibu-ibu lanjut usia (lansia),” kata Maylen—sapaan akrabnnya.

Ke depan, lanjut Maylen peran dari PKK khususnya di desa-desa harus mampu menggali potensi-potensi apa saja yang ada di desanya.

“Kalau di Setarap dan Pelita Kanaan tinggal bagaimana nanti memberikan pelatihan. Khususnya diajarkan kepada anak-anak generasi milenial. Kan kalau sekarang yang mengerjakan itu ibu-ibu lansia. Jadi harus ada regenerasi,” ungkapnya.

Dengan demikian, Maylen harapkan akan terciptanya lapangan pekerjaan dan memberikan pendapatan ekonomi di lingkungan keluarga tersebut.

“Seenggaknya kita dari PKK telah memberikan ruang dan memberdayakan seluruh yang ada di desa,” jelasnya.

Sementara Bupati Wempi mengharapkan kepada pengurus TP PKK Malinau yang baru dilantik agar dapat membawa roda organisasi tersebut berjalan dengan peran dan bagiannya.

“Jangan berjalan sendiri-sendiri. Tapi harus memiliki komitmen bersama,” kata Wempi. Sebab, kata Wempi, keberadaan PKK tak terlepas dari membangun karakter manusia terutama memberikan sentuhan kepada lingkungan keluarga.

“Jadi memang harus menjadi suri tauladan dan solusi. Makanya, tadi saya berpesan ada tiga hal yang harus dilihat yaitu bekerjasama, terampil dan teladan,” ungkapnya.

Ketua DPRD Malinau Ping Ding menambahkan dengan dilantiknya pengurus PKK Malinau tentu harus menjalankan sebagai mitra pemerintah yang berjenjang dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa.

 “Apalagi PKK itu bisa membantu dalam pembangunan kemasyarakatan yang bersama-sama dengan pemerintah. Jadi semua bentuk pembangunan ada di PKK juga,” ungkap Ping.

Karenanya, Ping berpesan kepada pengurus yang terpilih agar mampu memberikan motivasi dan mendorong masyarakat Malinau untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. “Jadi harus segera menyesuaikan dengan bersinergi dan melaksanakan 10 program PKK sampai ke tingkat desa sampai ke Desa Wisma,” pungkasnya. (eby)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here