Antisipasi Kelangkaan dan Kenaikan Harga Sembako, Wali Kota Sidak Pasar Gusher

Wali Kota Tarakan Khairul saat memantau ketersediaan sembako dan harga menjelang hari raya Idulfitri 1442 H di Pasar Gusher. (Foto: Supriyadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN-Menjelang hari raya Idulfitri 1442 hijriah/2021 masehi, Wali Kota Tarakan dr Khairul bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pengendalian Pangan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Gusher, Sabtu (8/5/2021)

Sidak ini bertujuan untuk memantau harga dan ketersediaan stok pangan yang rentan terjadi fluktuasi harga menjelang Idulfitri.

“Berdasarkan hasil pantauan saya, ketersediaan barang sudah cukup dan stabil. Mungkin ada kenaikan harga untuk beberapa sembako lainnya, seperti cabe. Tapi yang lain-lain masih stabil,” kata Wali Kota kepada awak media.

Meski terjadi kenaikan beberapa komoditi bahan pokok, Wali Kota menilai masih dalam keadaan normal dan stabil.

“Tadi yang saya lihat yang agak naik cabe. Untuk harga yang lain bahkan ada yang turun. Tapi yang lainnya stabil,” ucapnya.

Menurutnya, inflasi kota Tarakan cukup terkendali dan stok bahan-bahan pokok hingga Lebaran juga tersedia.

“Stok saat ini masih banyak, bawang merah, bawang putih, cabe saat ini masih cukup. Termasuk penyumbang inflasi salah satunya ayam dan ikan bandeng,” jelasnya

Dirinya juga menjelaskan, Kenaikan harga di pasaran disebabkan stok barang yang kosong dan akan dilakukan intervensi sehingga harga tetap stabil hingga Idulfitri.

“Kenaikan harga barang beberapa hari ini memang ada kenaikan dikarenakan stok terbatas. Akan tetapi katanya hari Minggu (besok) ada kapal membawa barang sehingga harga barang dapat turun lagi,” ungkapnya seraya mengharapkan harga tetap terjaga stabil. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here