Pertamina EP Tarakan Field Kembangkan Tanaman Endemik di Dua Lokasi Berbeda

Jajaran direksi PT Pertamina EP Tarakan Field foto bersama Wali Kota Tarakan dalam acara pengembangan tamanan endemik.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021, PT. Pertamina EP Tarakan Field menyelenggarakan pengembangan tamanan endemik di dua lokasi berbeda di Kota Tarakan.

Pertama berlokasi di Stasiun Pompa Air (SPA) PT Pertamina EP Tarakan Field. Kedua di Taman Anggrek Pantai Amal.

Menager PT. Pertamina EP Tarakan Field, Isrianto Kurniawan menerangkan pengembangan tamanan endemik di dua lokasi tersebut merupakan bentuk komitmen PT. Pertamina EP Tarakan Field untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan dan menjaga lingkungan hidup.

“Di Kalimantan Utara (Kaltara) khususnya Kota Tarakan terdapat beberapa ekosistem yang hampir punah. Sebelumnya Pertamina sudah membudidayakan monyet bekantan. Kali ini kami melakukan penanaman tanaman anggrek dan terap yang saat ini hampir punah,” jelasnya

Saat ini pembibitan di wilayah konservasi sudah ditanami 100 bibit. Rencananya akan ditambah di semua area yang ada di Bumi Paguntaka yang akan ditanami tanaman.

“Rencananya di semua area akan ditanamkan. Karena proses pembibitan memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, di wilayah yang sudah kita konservasi,” terangnya.

Wali Kota Tarakan dr Khairul, M.Kes menambahkan penanaman pohon terap merupakan khas Kalimantan dan Sumatera yang cukup langka ditemukan.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Pertamina EP Tarakan Field yang turut membantu melestarikan dan menjaga ekosistem di Kota Tarakan,” ucap Wali Kota. Orang nomor satu di Tarakan ini mengharapkan apa yang telah dilakukan Pertamina EP Tarakan Field dapat diperluas dengan penanaman pohon-pohon lainnya dalam rangka penyelamatan bumi dari kerusakan lingkungan. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here