Bupati Laura Ingatkan Jangan Muluk-Muluk Dalam Menyusun Program

Foto: Humas

KAYANTARA.COM, NUNUKAN – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid mewanti – wanti para kepala dinas atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menyusun program kegiatan secara realistis sesuai dengan kemampuan anggaran yang dimiliki.

Ia pun mengingatkan jangan sampai karena anggaran tidak cukup, program tersebut akhirnya tidak bisa diselesaikan secara tuntas, dan akhirnya mubazir.

Hal itu disampaikan Bupati Laura saat memberikan pengarahan kepada para kepala OPD pada acara Penyampaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2021 di Kantor Bupati Nunukan, Senin (14/6/2021).

“Tidak usah muluk – muluk kalau menyusun program. Kalau anggaran tidak ada memungkinkan lebih baik tidak usah dijalankan, daripada jalan tapi hanya selesai setengah, dan akhirnya tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Laura.

Menurut Laura, tidak masalah masing – masing OPD hanya melaksanakan satu atau dua kegiatan selama satu tahun tetapi dikerjakan dengan tuntas, ketimbang menyusun banyak program tapi tidak ada yang tuntas sama sekali.

“Kejadian seperti ini sudah kita alami di periode lalu, saya tidak ingin ini terulang kembali. Untuk itu saya minta penyusunan kegiatan kali kini harus benar – benar dilakukan secara cermat, serta harus clean and clear, artinya jangan sampai menabrak aturan – aturan yang ada,” ujarnya.

Selain meminta penyusunan kegiatan dilakukan secara cermat, Laura dalam kesempatan itu secara khusus juga berpesan agar OPD – OPD yang terkait dengan sektor ekonomi untuk lebih bekerja keras dan meningkatkan koordinasi secara intensif dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, sehingga terbangun sebuah sinergi yang kuat dan efektif.

“Komunikasikan terus dengan pemerintah provinsi maupun pusat apa yang bisa kita sharingkan sehingga ada sinergi yang baik. Mereka inginnya apa, kita fasilitasi dan kita siapkan, harus begitu jangan monoton dan jangan stagnan, tidak ada perkembangan sama sekali,” tegasnya.

Selain para kepala OPD, paparan RPJMD dan Renstra tersebut juga diikuti langsung oleh Asisten SDM dan Kesra H. Asmar dan Asisten Ekonomi Pembangunan Robby Nahak Serang, serta diikuti secara virtual oleh para pejabat eselon III di masing – masing SKPD. (hms)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here