Hasan Basri: Hadapi Pandemi, Komite II DPD RI Dukung Rencana Kerja Sama Parlemen Indonesia-Bosnia

KAYANTARA.COM, JAKARTA– Wakil Ketua Komite II DPD RI, Hasan Basri menerima pertemuan Duta Besar Bosnia-Herzegovina untuk Indonesia secara virtual, Jakarta, Senin (21/6/2021).

Secara spesifik, pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat rencana kerja sama antara parlemen dalam merespon berbagai tantangan yang menjadi perhatian bersama kedua negara.

Hasan Basri mengapresiasi rencana kerja sama antara Indonesia-Bosnia. Menurutnya, kerja sama kedua negara harus lebih ditingkatkan.

Contohnya dalam bidang ekonomi, meskipun nilai transaksi perdagangan antar Indonesia-Bosnia saat ini masih di bawah 1 miliar dollar, akan tetapi Komite II DPD RI optimis perkembangan kerjasama ke depan dengan Indonesia akan meningkat. Selain melakukan hubungan kerja sama dibidang perekonomian nantinya kerja sama ini juga dilakukan di bidang parlemen.

“Kami menyambut baik adanya wacana kerja sama antarparlemen. Pasalnya, ini merupakan satu jalur lain dalam diplomasi, khususnya diplomasi parlementer yang bisa mengeratkan hubungan kedua negara. Karena memang kerja sama antara Parlemen Bosnia dan Parlemen Indonesia belum ada di Komite II DPD RI,” ujar Hasan Basri.

Lebih lanjut Duta Besar Bosnia-Herzegovina untuk Indonesia menjelaskan, dirinya telah lebih dahulu menjalin komunikasi dengan Duta Besar Indonesia untuk Bosnia. Melihat banyaknya potensi-potensi yang masih belum digali, ke depan akan banyak kerja sama yang dapat ditindaklanjuti.

“Ini merupakan kesuksesan kita bersama, bahwa ini merupakan langkah awal dari bentuk kerja sama lainnya yang akan terjalin antara kami dengan Indonesia,” jelasnya. Melalui rapat ini, menjelaskan rencana kedatangan anggota DPD RI ke Bosnia pada bulan Juli mendatang dalam rangka mempererat hubungan diplomasi kedua negara. (mediaHB)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here