PDAM Serahkan Dividen Rp 4,3 Miliar ke Pemkot Tarakan

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Pemkot Tarakan menerima penyerahan dividen Perumda Air Tirta Alam Tarakan sebesar Rp 4.383.786.975 sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berlangsung di Gedung Serba guna Pemkot Tarakan. Selasa (6/7/2021).

Dividen yang berasal dari tahun buku 2020 ini diterima langsung oleh Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., pada Jumpa Pagi yang dihadiri oleh seluruh unsur Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Tarakan.

Direktur PDAM Tarakan, Iwan Setiawan mengatakan selama ini pihaknya mengalami kerugian. Akan tetapi setelah dilakukan perbaikan pada 2020 pembukuan kas PADM Tarakan sebesar Rp 9 milliar.

“Pada tahun 2020 pada pembukuan kas terdapat Rp 9 milliar tapi setelah diaudit oleh konsultan audit publik, kita ada deviden sebesar Rp 7,9 milliar. Sesuai amanat Perda bahwa 55 persen diserahkan ke kas daerah sebesar Rp 4.3 milliar,” ujarnya.

Ia bahkan menargetkan pada tahun 2021 deviden yang akan diserahkan ke Pemerintah Kota Tarakan sebesar Rp 7 milliar.

“Semester pertama kami sudah membukukan sebesar Rp 9 milliar. Artinya tinggal butuh sekitar Rp 4 milliar lagi untuk mencapai target sebesar 13 milliar sesuai apa yang telah ditargetkan oleh Wali Kota Tarakan,” terangnya.

Ia juga berharap agar di 2022 mendatang dapat terus meningkat seiring bertambahnya jumlah pelanggan.

“Kalau kita lihat PDAM ini kan harga pokoknya masih di bawah, tapi kita lakukan efisiensi bagaimana kelola perusahaan secara profesional, transparan, akuntabel.” tutupnya (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here