Gandeng Pemkot Tarakan, BI Tingkatkan Kapasitas Produksi Ekspor Kaltara

Panen bersama siklus kedua udang dan tebar benih siklus ketiga udang windu di Tarakan yang digelar KPwBI Kaltara, Minggu (11/7/2021).

KAYANTARA.COM, TARAKAN– Guna meningkatkan kapasitas produksi komoditas ekspor Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), khususnya di Kota Tarakan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kaltara bekerjasama dengan Pemkot Tarakan menyelenggarakan kegiatan Panen Bersama Siklus Kedua Udang dan Tebar Benih Siklus Ketiga Udang Windu yang dalam budidayanya menggunakan Metode Lactobacillus, Minggu (11/7/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di tambak milik Kelompok Pembudidaya Ikan Usaha Bersama Sungai Bunyu yang berlokasi di Kelurahan Juata Laut, Tarakan.

Mayoritas budidaya udang di Provinsi Kaltara, termasuk Kota Tarakan menggunakan sistem polikultur, sebagai bagian dari kearifan lokal yang telah berlangsung secara turun temurun, yaitu menggabungkan dua komoditas berupa udang dan ikan bandeng dalam satu tambak yang bersimbiosis mutualisme antar keduanya.

Metode yang baru diperkenalkan pada program ini adalah metode lactobacillus, yaitu sebuah metode dimana bakteri lactobacillus yang telah difermentasi ditebar di lokasi tambak sebelum benih udang dan ikan bandeng ditebar.

Metode ini bertujuan untuk menumbuhkan klekap/lumut sebagai sumber makanan organik bagi keduanya sekaligus membantu menyuburkan hara tanah tambak.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara, Yufrizal, serta Walikota Tarakan yang diwakili oleh Sekda Kota Tarakan, Hamid Amren,

Dalam sambutannya, Yufrizal menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya mendorong peningkatan kapasitas produksi udang di kota Tarakan sebagai salah satu komoditas ekspor unggulan Provinsi Kaltara.

“Kami telah mengaplikasikan metode ini pada demplot kami sebagai pilot project pada tahun 2020. Berdasarkan hasil yang kami himpun, pada saat panen diketahui bahwa hasil panen udang ukuran size berkisar 30-40 ekor/Kg, dengan total panen sebanyak 26.600 ekor atau 960 kg, meningkat hampir 3 kali lipat dibanding panen sebelum menjadi pilot project Bank Indonesia, yang hanya sebesar 13.300 ekor atau 380 kg,” bebernya.

Selain itu beberapa indikator juga menunjukkan peningkatan, antara lain tingkat hidup (Survival Rate/SR) yang meningkat menjadi 22% setelah sebelumnya hanya 11%.

Lebih lanjut Yufrizal juga berharap apabila metode lactobacillus ini berhasil. Pihaknya berharap Pemprov Kaltara ataupun Pemkot Tarakan dapat mereplikasi dan ke depannya akan ada SOP yang baku untuk dapat diterapkan para petambak di Kaltara.

Selain itu upaya ini dapat berjalan apabila ada dukungan PPL untuk terus melakukan pendampingan kepada petambak di daerah sehingga apabila ditemukan masalah di lapangan dapat segera diselesaikan secara bersama-sama oleh semua pihak yang terlibat, dalam rangka meningkatkan produksi udang yang merupakan salah satu potensi unggulan serta bermutu ekspor.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Tarakan yang diwakilkan oleh Sekda Kota Tarakan, Hamid, menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang telah mengenalkan teknologi lactobacillus dalam rangka meningkatkan produksi udang di Kaltara khususnya Tarakan.

“Sektor Perikanan merupakan sektor utama untuk menjadi pembangkit ekonomi di Tarakan, oleh karena ini upaya BI harus menjadi perhatian bersama termasuk para nelayan, petambak, dengan dukungan dinas terkait,” pungkas Hamid.

Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia selalu berupaya untuk berkontribusi dalam upaya peningkatan perekonomian daerah. Bank Indonesia sebagai mitra dari Pemerintah Daerah juga terus mendukung program pemerintah untuk mendorong peningkatan komoditas ekspor, termasuk komoditas udang, yang sejalan dengan strategi Bank Indonesia dalam pembinaan sektor riil dan UMKM untuk perbaikan posisi Current Account Deficit (CAD).

Pada kesempatan tersebut sebagai bagian dari Program Sosial Bank Indonesia sejalan dengan tagline BI sebagai bentuk dedikasi untuk negeri khususnya di bumi Benuanta, diserahkan juga bantuan sarana produksi berupa:

  • 1 (satu) unit saringan
  • 1 (satu) set pH meter
  • 1 (satu) set DO meter YSI 550
  • 1 (satu) set Salino meter
  • 2 (dua) set Pompa air 4 inci
  • 50 (lima puluh) pipa paralon 3 inci
  • 1 (set) aksesoris pipa.

Ke depan Bank Indonesia senantiasa mendorong sinergi dan kolaborasi bersama dengan Pemerintah Daerah dan dunia usaha khususnya terkait komoditas-komoditas unggulan Kaltara untuk mewujudkan ketahanan pangan, kestabilan harga, serta peningkatan ekspor.

Upaya-upaya ini juga diharapkan dapat direplikasi di wilayah lain sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, pertumbuhan ekonomi daerah khususnya dan nasional pada umumnya. (kt1)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here