8 Penumpang KM Bukit Siguntang yang Tiba di Tarakan Positif Covid-19

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tarakan bekerjsama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tarakan melakukan pengambilan sampel tes swab kepada sejumlah penumpang KM Bukit Siguntang.

Kapal milik PT Pelni asal Parepare Sulawesi Selatan itu tiba di Pelabuhan Malundung Tarakan pada Rabu, (28/7/2021).

Pengambilan sampel dilakukan kepada 70 dari 700 penumpang seiring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Alhasil, dari 70 sampel yang diambil didapatkan delapan orang di antaranya terkonfirmasi positif.  Satu dari mereka tercatat warga Kabupaten Bulungan. Sementara sisanya warga Tarakan

Kepala BPBD Tarakan, Ahmady Burhan Chico mengatakan penumpang yang positif akan terus dipantau oleh Dinas Kesehatan termasuk Puskesmas setempat untuk dilakukan isolasi mandiri.

“Untuk penumpang positif yang tujuannya di luar Tarakan nanti akan tetap kita arahkan untuk isolasi mandiri, karena tidak boleh kita lepas begitu saja pergi ke tempat tujuannya sesuai dengan petunjuk dari Kemenkes,” terangnya

Isolasi mandiri dilakukan di rumah penumpang tersebut atau di hotel yang telah bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Tarakan.

“Kami pantau apakah tempat tersebut layak atau tidak sebagai tempat isolasi mandiri,” jelasnya. Pihaknya akan terus bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk kegiatan lebih lanjut. Bahkan untuk kedatangan kapal selanjutnya setiap penumpang wajib memiliki tes PCR, STRP dan kartu vaksin. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here