Puluhan Komunitas Pemuda Bulungan Bentangkan Merah Putih Sepanjang 76 Meter

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Bendera Indonesia sepanjang 76 meter terbentang di Jembatan Penghubung Tanjung Selor-Tanjung Palas Sungai Kayan, Kabupaten Bulungan, Selasa (18/8/2021).

Panjang bendera Merah-Putih ini sama dengan usia 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Sang saka merah putih dibentangkan oleh puluhan pemuda Bulungan yang tergabung dari berbagai komunitas dan kelompok.

Kegiatan positif dari hasil swadaya ini pun dinamakan Ekspedisi Kayan Merah Putih. “Harapan dari kegiatan ini bisa berdampak positif bagi masyarakat di Bulungan, terkhusus pemuda-pemudinya. Ini merupakan bentuk kegiatan produktif dari para pemuda dalam menyemarakkan HUT ke-76 RI di tengah kondisi pandemi covid-19, dengan semangat kemerdekaan pemuda Bulungan menjunjung tinggi rasa nasionalisme bangsa dan negara,” kata Andi Khairuddin selaku Ketua Panitia Ekspedisi Kayan Merah Putih kepada Kayantara.com.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga mengkampanyekan peduli lingkungan dan air, di mana daerah aliran Sungai Kayan adalah sumber air baku bagi masyarakat dan kurang terawat seiring dengan banyaknya pencemaran limbah rumah tangga maupun limbah lainnya.

“Maka kami juga mengajak peserta partisipan serta masyarakat sekitar untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan di daerah aliran Sungai Kayan,” ujarnya.

Bahkan, pemuda-pemudi Bulungan ini juga mengolah limbah plastik bekas yang dikumpulkan oleh partisipan menjadi umbul-umbul yang akan digunakan sebagai hiasan yang rapi pada area jembatan tersebut.

Dalam pelaksanaannya mereka memperlihatkan wujud dukungan terhadap kebijakan pemerintah daerah terkait pangan lokal. Di mana untuk konsumsi kegiatan adalah bahan pangan rebusan umbi, jagung, pisang dan pangan lainnya yang berasal dari hasil panen masyarakat sekitar.

Berikut delapan tujuan Ekspedisi Kayan Merah Putih:

1. Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76

2. Pembentangan Bendera Merah Putih dengan pajang 76 Meter di Jembatan Tg.Palas

3. Membangun persatuan pemuda daerah dalam bingkai nasionalisme

4. Memberikan semangat dukungan untuk bangsa dalam menghadapi Pandemi Covid19

5. Memberikan semangat untuk peduli lingkungan dan Air

6. Mengajak Generasi muda untuk mengkonsumsi pangan lokal

7. Mendukung kedaulatan pangan di Kabupaten Bulungan

8. Mengajak generasi muda aktif dalam olahraga panjat tebing

Dalam kegiatan ini terdapat berbagai kelompok komunitas, ada dari olahraga panjat tebing, sosial, klub motor, lingkungan, pecinta alam, camper dan lain-lain.

“Ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pemuda dalam berpartisipasi membangun daerah, terkhususnya di Bulungan. Mengingat terdapat visi kedaulatan pangan pemerintah daerah yang sangat kita dukung dan kami implementasikan dalam bentuk konsumsi pangan lokal pada kegiatan ini,” terangnya.

“Serta kepedulian terhadap daerah aliran sungai kayan yang menjadi pasokan utama air baku untuk masyarakat yang perlu dirawat serta dijaga. terima kasih semoga terus ada kegiatan pemuda untuk Bulungan maju dan sejahtera,” demikian Andi Khairuddin. (kt1)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here