Wagub Cicipi Nanas dan Olahan Singkong Desa Kampung Baru Krayan

KAYANTARA.COM, LONG BAWAN – Sukses menggelar upacara bendera di puncak gunung Yuvai Semaring, Wakil Gubernur Kalimantan Utara  Yansen TP juga menghadiri pesta panen buah nanas di Desa Kampung Baru, Kecamatan Krayan Timur, Kabupaten Nunukan.

Untuk diketahui, Desa Kampung Baru memiliki produk unggulan, yakni buah nanas dan singkong. Melalui Tim Penggerak PKK sebagai pengelola produk, singkong juga diolah menjadi makanan ringan dan di pasarkan di daerah sekitar.

Pada kesempatan ini, Robertson Rining, mewakili masyarakat setempat dalam sambutannya menyampaikan kepada Wagub, bahwa saat ini hasil panen nanas di desa tersebut berlimpah-ruah, akan tetapi kondisi pandemi mengkibatkan pemasaran hasil panen keluar daerah terhambat.

Selain itu, sebagai pengelola hasil panen yaitu Tim Penggerak PKK Desa Kampung Baru, juga menginginkan diberi pembinaan dan bantuan dari pemerintah provinsi untuk pengolahan nanas dan singkong, sehingga jenis produk hasil olahan dari desa ini bertambah.

Wagub menyimak dengan seksama penyampaian tersebut. Ia mengungkapkan satu kalimat untuk memetik semangat masyarakat. “Bagaimana ini bermanfaat untuk kita,” kata Wagub Yansen TP, Selasa (17/8/2021).

Wagub menerangkan bahwa dalam kondisi pandemi saat ini kita patut bersyukur atas anugerah yang diberikan Tuhan untuk Krayan, mulai dari beras, garam, buah-buahan tersedia di Krayan.

Melihat potensi penghasil nanas di Krayan, Wagub Yansen TP akan menyampaikan kepada Gubernur. Untuk pengembangannya ia juga akan menyampaikan kepada Ketua TP PKK Provinsi juga agar mengadakan pelatihan di Krayan.

Akses jalan yang saat ini mulai digarap kembali oleh pemerintah akan menghubungkan Krayan-Malinau. Ini akan membuka akses masyarakat untuk menjalankan roda perekonomiannya.

“Sabar tunggu waktunya datang. Jangan patah semangat, tetap kita programkan ini (pengembangan olahan nanas dan singkong), ini anugerah dari Tuhan. Yakin suatu saat ini akan menjadi sumber pendapatan,” pungkasnya. (ahy/dkispkaltara)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here