Vaksinasi Massal, Bupati Malinau Optimistis Mencapai Target

Bupati Malinau Wempi W Mawa bersama Ketua DPRD Malinau Ping Ding saat meninjau proses vaksinasi di Desa Pulau Sapi.

KAYANTARA.COM, MALINAU – Bupati Malinau Wempi W Mawa, tinjau vaksinasi massal yang digelar di tiga titik, Senin (30/8/2021).

Vaksinasi ini menyasar masyarakat yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama maupun kedua di tahap pertama.

Sasarannya meliputi Desa Wisata Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang, Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat dan Desa Respen Tubu, Kecamatan Malinau Utara.

Melihat begitu besarnya antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin, Bupati optimistis tingkat capaian vaksinasi di Kabupaten Malinau semakin meningkat. Sehingga mempercepat terciptanya herd immunity atau kekebalan kelompok di tengah-tengah masyarakat.

“Kita melihat antusias masyarakat untuk menerima vaksin luar biasa. Dari tiga titik yang ditinjau tadi berjalan rapi, tertib dan mentaati protokol kesehatan,” ujar Bupati Wempi.

Bahkan dalam pelaksanaan vaksinasi digelar, kata Bupati, dikoordinir langsung melalui Ketua RT dan kepala desa. “Jadi sebelum warga diberikan vaksin. Terlebih dahulu mereka diberikan jadwal dengan data awal. Sehingga proses di lapangan tidak terjadi kerumunan dan penumpukan warga,” ungkapnya.

Bupati juga mendapatkan informasi bahwa tenaga kesehatan yang ada di lapangan sebelum mengelar vaksinasi ini menjemput bola dengan pendataan terlebih dahulu. “Jadi nakes-naked kita di setiap desa mendatangi warga terlebih dulu untuk mendata,” katanya.

Oleh karenanya, Bupati berharap dengan sistem jemput bola ini dapat mempercepat vaksinasi tersebut. “Ya pasti kita harapkan bisa mempercepat sasaran vaksinasi ini,” ujarnya

Sedangkan Kepala Dinkes PPKB Malinau dr. John Felix Rundupadang menambahkan vaksinasi massal jenis vaksin astrazeneca ditarget sepekan ini akan selesai. “Jadi kita targetnya dalam satu minggu ini akan selsai 5000 dosis,” sebutnya.

Ia mengatakan untuk vaksin astrazeneca ini untuk satu vial bisa menyasar lebih dari 10 dosis. “Kemungkinan sasaran kita itu akan lebih dari 5000 sasaran yang akan dicapai,” katanya. (eby)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here