Bulungan Percepat Vaksinasi

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Kolaborasi lintas sektor dalam kegiatan vaksinasi massal menjadi salah satu strategi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bulungan dalam upaya mempercepat vaksinasi kepada masyarakat.

Demikian disampaikan dalam rapat koordinasi lintas sektor di Ruang Rapat Bupati Bulungan pada Senin pagi (13/9). “Strategi percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yaitu kolaborasi lintas sektor kegiatan vaksinasi massal atau sentra vaksinasi, jaminan ketersediaan stok vaksin mencukupi bagi Dinas Kesehatan, TNI, POLRI dan lain-lain serta meningkatkan sosialisasi dan edukasi vaksinasi Covid-19 sampai ke tingkat RT,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Bulungan, drg Imam Sudjono.

Dilanjutkan, sasaran vaksinasi di Bulungan berdasarkan estimasi pusat sebanyak 118.941. Sementara total sasaran vaksinasi estimasi daerah sebanyak 116.060.

Dipaparkan, sasaran pelayanan vaksinasi pada tenaga kesehatan sebanyak 1.451, pada lansia sebanyak 8.173, pada pelayan publik sebanyak 11.644, pada masyarakat rentan dan umum sebanyak 80.993 dan pada remaja sebanyak 16.680.

Diuraikan, fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Bulungan yaitu di Puskesmas Tanjung Selor, Tanjung Palas, Bumi Rahayu, Antutan, Salimbatu, Bunyu, Tanah Kuning, Long Beluah, Long Bang, Sekatak dan Pimping. Lalu KKP Kelas II Tarakan Cabang Tanjung Selor, Klinik Polres Bulungan, Polkes Korem, Pos Dinkes Bulungan dan RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo.

Kemudian untuk kendala pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yaitu masih adanya kesadaran masyarakat yang rendah untuk divaksin akibat hoax efek samping dari vaksin, sarana penyimpanan vaksin yang terbatas di fasilitas kesehatan, terbatasnya biaya operasional untuk melaksanakan vaksinasi serta adanya kondisi wilayah yang sulit dijangkau.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si meminta Dinkes Bulungan dan pihak-pihak terkait agar dapat mencermati pelaksanaan dan target vaksinasi di 10 kecamatan di Bulungan.

Salah satunya target vaksinasi di Kecamatan Tanjung Palas Timur yang diharapkan seluruh warganya sudah divaksin, selain untuk menjaga kesehatan masyarakat, juga berkaitan dengan rencana kedatangan Presiden RI, Joko Widodo.

“Percepatan pelaksanaan vaksinasi harus kita lakukan dalan rangka penanggulangan Covid-19 dan menjaga kesehatan masyarakat Kabupaten Bulungan,” pesan Bupati. (hms)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here