Kaum Hawa Warga RT 3 Juata Permai Bentuk Kelompok Tani Khusus Wanita

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Menjaga produktivitas selama pandemi covid-19, Ibu-ibu warga RT 03 Kelurahan Juata Permai Kecamatan Tarakan Utara membentuk Kelompok Tani Khusus Wanita.

Sektor pertanian menjadi satu-satunya sektor yang tumbuh positif selama pandemi Covid-19. Hal ini yang menjadi alasan perkumpulan ibu-ibu tersebut.

Inisiator Tani Wanita Camar Indah, Darmadi mengatakan pembentukan kelompok Tani Khusus Wanita dikarenakan aktivitas masyarakat pada masa pandemi covid-19 sangat dibatasi.

Sehingga berinisiasi untuk memanfaatkan perkarangan rumah menjadi lahan sektor pertanian.

“Awalnya hanya beberapa orang saja yang memanfaatkan perkarangan rumah sebagai sektor pertanian sehingga saya berinisiasi membentuk kelompok tani khusus wanita agar ibu-ibu dapat lainnya turut ikut memanfaatkan perkarangan rumah sebagai lahan sektor pertanian,” jelasnya.

Diketahui terdapat 32 Kartu Keluarga (KK) di Kelurahan Juata Permai RT. 03 ikut serta dalam kelompok Tani Khusus Wanita dengan berbagai macam tanaman.

“Tanamannya pun bermacam-macam mulai dari buah-buahan hingga sayuran, tergantung dari ibu-ibunya mau taman apa yang paling banyak ditanam seperti strawbery, melon, lombok, bawang, timun, sawi, bayam dan lainnya,” ucapnya

Ketua Kelompok Tani Camar Indah, Rasiem menambahkan pembentukan kelompok tani ini juga berkat adanya bantuan dari Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kaltara, Rachmawati Zainal yang mendukung penuh kegiatan Kelompok Tani Khusus Wanita Camar Indah.

“Selama ini kita mendapatkan bantuan dari Ketua PKK Kaltara, Rachmawati Zainal dan kami sangat bersyukur atas bantuan tersebut, karena sebelumnya kami membeli bibit taman sendiri dengan adanya dukungan dari Ibu Gubernur dapat membantu anggota ibu tani dalam bentuk bibit tanaman,” ungkapnya

Proses penanaman  masih menggunakan alat seadanya dan barang-barang bekas dapur seperti bungkus minyak, geleng, botol bekas dan alat dapur lainnya. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here