Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon di Menara Navigasi Tarakan

Petugas Damkar saat berupaya mengevakuasi sarang tawon di atas menara navigasi Tarakan, siang tadi.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tarakan mengevakuasi sarang tawon vespa affinis di atas menara kantor Navigasi Tarakan di Jalan Yos Sudarso, Selasa (28/9/2021).

Kasi Damkar dan Penyelamatan, Irwan, mengatakan evakuasi dilakukan sekitar pukul 08.10 Wita. Tepatnya setelah pihaknya menerima laporan dari Radio Pantai Navigasi Tarakan bahwa terdapat sarang tawon jenis vespa affinis berada di atas menara navigasi.

 “Setelah menerima laporan, kami langsung menurunkan satu unit fire truck dengan personil 10 orang, armada satu unit Grace sky lift dari Mako Kampung Satu untuk mengevakuasi tawon itu, “ujarnya

Setelah sampai di lokasi, petugas PMK langsung mengidentifikasi jenis tawon dan melakukan persiapan untuk mengevakuasi sarang tawon.

Diketahui, Tawon Kendi (Vespa Affinis) adalah spesies serangga daripada genus Vespa. Spesies ini telah dihuraikan oleh Carl Linnaeus pada tahun 1764.

Dalam bahasa Jawa, tawon ini disebut sebagai tawon ndas (ndas artinya “kepala”) karena sarang tawon ini terbuat dari tanah atau lumpur yang berbentuk seperti kepala.

Irwan mengungkapkan tawon vespa affinis atau tawon ndas merupakan salah satu jenis tawon berbahaya.

“Bahkan, sengatannya disebut-sebut dapat menyebabkan kematian pada manusia dalam waktu singkat bila tersengat. Tawon Vespa affinis mempunyai ukuran tubuh sepanjang kurang lebih tiga sentimeter,” ungkap Irwan. Setelah selesai petugas langsung memastikan bahwa di lokasi benar-benar aman dan koloni tawon tersebut dilepaskan kembali ke hutan lindung di Gunung Selatan. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here