Pelaku UMKM Harus Ciptakan Terobosan Baru, Deddy Sitorus: Kuncinya adalah Imajinasi

Pelatihan Vocational Inovasi Produk kepada para pelaku Koperasi, serta UMKM di Tarakan yang digelar Deddy Sitorus

.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Anggota DPR RI Deddy Yevri Hanteru Sitorus mengatakan setiap pelaku usaha mikro kecil maupun menegah (UMKM) harus mampu menciptakan terobosan-terobosan baru.

Olehnya itu, wakil rakyat dapil Kalimantan Utara (Kaltara) ini menggelar pelatihan Vocational Inovasi Produk kepada para pelaku Koperasi, serta UMKM yang ada di Tarakan, pada 29 hingga 30 September 2021.

“Inovasi ini bukan sesuatu yang baru, sederhananya inovasi itu ada mengenalkan sesuaatu yang baru, tapi itu bisa disebut usaha yang dilakukan seseorang dalam penggunaan pikiran kemampuan imajinasi,” ungkapnya.

Politisi PDIP ini menuturkan kata kunci inovasi adalah sebuah imajinasi. Sebab, tanpa imajinasi pikiran tentu tidak ada inovasi atau kegiatan yang inovatif.

“Oleh karena itu, mari kita berpikir menggembara agar apa yang kita kerjakan dalam menghasilkan sesuatu yang baik, inovasi terdapat banyak macam di antaranya inovasi dalam pemasaran, teknologi, produk dan sebagainya,” urai Deddy.

Namun yang paling penting, lanjut dia, inovasi dalam pikiran mulai dari cara berpikir, melihat peluang, serta melihat apa yang dikerjakan.

“Karena tanpa rangsangan dari pikiran mustahil inovasi dalam aktivitas usaha kita, produk, pemasaran, dan sebagainya,” ujarnya.

“Kami mengajak para pelaku UMKM untuk memahami bagaimana cara melakukan inovasi terhadap suatu produk, agar produk yang dijual bisa menjadi magnet, sehingga konsumen tertarik untuk melaukan transaksi,” tambah pria berkacamata ini.

Sehingga perlu dilakukan evaluasi produk dengan cara melakukan inovasi demi mendapatkan produk terbaik, lantaran UMKM akan sulit berkembang jika pelaku usaha tidak mengetahui bagaimana cara memasarkan suatu produk. “Harapannya pelatihan itu memberikan kontribusi omset dari penjualan para pelaku UMKM yang ada di Kalimantan Utara, khususnya Kota Tarakan,” demikian Deddy Sitorus. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here