Resmi Dilantik AHY, Yansen TP Ajak Ciptakan Dinamika Politik yang Positif

Yansen TP saat mengibarkan bendera Partai Demokrat usai dilantik.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Dr. Yansen TP, M.Si kembali dipercaya menahkodai Partai Demokrat di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Resminya seusai Wakil Gubernur Kaltara ini dilantik oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara virtual, Senin (1/11/2021).

AHY melantik Yansen TP sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kaltara bersama pengurus berdasarkan hasil Musyawarah Daerah (Musda) II DPD Demokrat Kaltara akhir Juni lalu, di mana Yansen TP terpilih secara aklamasi untuk periode 2021-2026.

“Kami tentu bersyukur di situasi pandemi ini Partai Demokrat tetap bekerja, tetap melaksanakan aktivitas dengan tetap menegakkan protokol kesehatan dan melaksanakan pelantikan secara virtual melibatkan DPP (Dewan Pimpinan Pusat), DPD serta Dewan DPC (Pimpinan Pimpinan Cabang) dan luar biasa bisa berjalan dengan baik,” ujar Yansen, Senin (1/11).

Ia juga besyukur walaupun pelaksanaan di situasi saat ini cukup berat, tetapi bisa berjalan dengan baik dan menurutnya ini membuktikan semangat kader Partai Demokrat Kaltara yang ingin menghadirkan Demokrat sebagai salah satu kekuatan partai politik di Kaltara yang tentunya juga bersama dengan partai-partai politik yang lainnya.

Sebagai kader dan pimpinan Demokrat di Kaltara, ia berharap dan mengajak khususnya kepada kader Demokrat dan partai lainnya bekerja sama untuk menciptakan dinamika politik yang positif dan beretika di Kaltara.

Sekalipun ingin menang dalam kontestasi politik yang mungkin dilakukan dengan segala upaya bekerja keras, tapi juga harus sadar tentang satu hal bahwa ada dalam satu komunitas politik besar di Kaltara.

“Artinya kita harus tahu keberadaan kita di tengah-tengah politik Kaltara ini yang tetap mengedepankan politik santun sebagaimana iktikad kami berpolitik dengan santun,” tegas Yansen yang saat ini juga diamanahi masyarakat Kaltara sebagai Wakil Gubernur.

Menurutnya, makna politik santun itu mengedepankan etika berpolitik yang baik, benar dan toleran dengan yang lainnya. Walaupun misal partainya sebagai partai pemenang sekalipun, tetap bertoleransi berpolitik yang positif, yang dinamis dan beretika.

Yang tidak kalah pentingnya, lanjutnya, berpolitik itu bukan sekadar mencapai kemenangan untuk mendapatkan kekuasaan, tetapi juga turut membangun. Yaitu membangun retorika politik yang positif agar pemahaman masyarakat Kaltara terhadap romantika politik Kaltara itu betul-betul dari sisi nilai hidup berbangsa dan bernegara yang walaupun penuh dengan perbedaan tetapi tetap mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

“Ini yang saya kira penting yang dilakukan oleh setiap partai politik. Nah Partai Demokrat menghadirkan itu di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya lagi.

Soal target pemilu 2024, tentu semua partai ingin menang. Namun, yang paling penting pelaksanaan pesta demokrasi itu bisa membentuk dan membangun kepribadian masyarakat bangsa dalam berpolitik.

“Ini yang sangat penting menurut saya karena kita tidak berlari mencapai sebuah tujuan, tetapi kita sedang menjalani proses membentuk serta membangun kepribadian masyarakat bangsa dalam berdinamika politik,” katanya.

Masyarakat itu harus dididik agar bagaimana mereka mencernai, memahami dan memberi respons positif terhadap refleksi politik yang ditampilkan oleh setiap partai politik dan tokoh-tokoh politik.

Oleh sebab itu ia berpesan agar berhati-hatilah kepada kader maupun politikus lainnya untuk bernarasi, berperilaku dan berhati-hatilahmenyajikan komunikasi politik. Apalagi Kaltara dianugerahi keanekaragaman suku, budaya, agama dan latar belakang. Itu harus dipahami.

Karena itulah jangan serta merta menampilkan berdasarkan asumsi, intuisi dan pikiran pribadi saja, tapi juga harus bisa mencernai dinamika politik itu dari sisi masyarakat yang ada di Kaltara.

“Nah kalau kita ingin menjadi bagian terbaik di Kaltara, ya harus kita menyajikan hal-hal yang positif di depan masyarakat, jangan yang negatif,” ucap YTP mengingatkan.

Terkait pelantikan dirinya ini, Yansen juga mengharapkan dukungan masyarakat Kaltara dalam hal partainya mengajak untuk bagaimana bersama-sama membangun budaya politik bangsa yang dinamis di Kaltara.

Pelantikan secara virtual ini tidak hanya dilakukan untuk pelantikan DPD Demokrat Kaltara yang bertempat di Restoran Lemakan Samudera, Tarakan, tapi juga bersamaan dengan pelantikan DPD Demokrat Maluku, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Barat. Juga sekaligus pelantikan pengurus Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI) Kaltara yang diketuai oleh Ping Ding. (*/kt1)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here