16 Desember Presiden Jokowi Dipastikan Kunker ke Kaltara Lagi

KUNJUNGAN: Gubernur Kaltara saat menyambut Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri ATR/BPN Sofyan A Djalil ketika mengunjungi Kaltara beberapa waktu lalu.

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Jika tak ada aral, Presiden Joko Widodo akan kembali ke Bulungan dalam agenda peletakan batu pertama pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning Mangkupadi di Kecamatan Tanjung Palas Timur.

Hal itu diungkapkan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang jika kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini akan datang pada hari Kamis 16 Desember 2021.

“Sesuai surat dari Menkomarves yang saya terima bahwa kedatangan bapak Presiden itu di tanggal 16 Desember dan itu tidak ada perubahan,” ucap Gubernur, Jumat 10 Desember 2021.

Hingga saat ini, persiapan lokasi yang akan dikunjungi telah mencapai 80 persen. Sepekan ini tinggal pembenahan dan penyempurnaan di lokasi groundbreaking KIPI. Hal inilah terus digenjot agar selesai dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bulungan.

“Persiapan kita sudah 80 persen baik itu helipad sudah terpasang dan lokasi acara sudah clear. Tinggal pemasangan tenda-tenda disana,” jelasnya.

Terkait rute yang akan dilalui, pihaknya belum menerima keterangan pasti. Pasalnya untuk masalah jalur hingga pendaratan menjadi ranah dari protokoler istana negara. Dirinya juga menunggu jadwal rapat kembali dengan Sekretariat Negara.

“Saya belum tahu apakah landing di Bandara Juwata Tarakan atau langsung ke Tanjung Selor baru pakai helikopter ke lokasi,” paparnya.

Zainal Arifin Paliwang memaparkan jika izin lahan telah selesai, sehingga tidak ada permasalahan lagi. Dari 3 perusahaan yang di rekomendasi untuk mengelola KIPI tersebut, dia harapkan bisa berjalan lancar.

“Mudah-mudahan juga bisa menyerap tenaga kerja, karena yang sampaikan lalu itu berdayakan orang lokal. Kemudian pengusaha atau kontraktornya berdayakan yang ada disini,” tutupnya. (agc/dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here