KIPI Terbangun, SMK Tanjung Palas Timur akan Dilengkapi Jurusan Industri

Lokasi KIPI Mangkupadi di Kabupaten Bulungan yang akan ditinjau Presiden Jokowi dalam acara peletakan batu pertama pembangunan

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Mendukung berdirinya keberadaan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara berencana membangun sekolah yang nantinya mencetak tenaga terampil untuk pembangunan KIPI.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltara Teguh Henry Sutanto menuturkan di kawasan tersebut sebenarnya sudah berdiri sekolah menengah kejuruan (SMK).

“Jadi di wilayah KIPI itu sudah berdiri SMK yang terletak di Desa Mangkupadi,” ucapnya

Kata dia, SMK tersebut sudah ada sejak 2019 silam dan telah memiliki peserta didik yang kini telah duduk di bangku kelas 2 SMK. Bahkan status sekolahnya sudah negeri sehingga keberadaannya sudah sangat tepat.

“Namanya SMKN 1 Tanjung Palas Timur, bahkan kepala sekolahnya sudah ada dan telah dilantik oleh Gubernur Kaltara,” ujarnya.

SMK Negeri 1 Tanjung Palas Timur sendiri memiliki beberapa program studi kejuruan (Prodijur) di antaranya Jurusan Perikanan dan Kelautan serta Jurusan Pertanian.

“Nanti kita arahkan Jurusan Industri jika KIPI sudah terbangun. Dimana dilokasi itu harus ada sekolah berbasis industri,”

Teguh menambahkan di Kecamatan Tanjung Palas Timur untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA) baru ada 1 sekolah dan 1 SMK. Untuk mendekatkan pendidikan bagi semua anak, maka di wilayah itu akan kembali dibangun sekolah SMA.

“Baru ada 2 sekolah, SMA dan SMK saja. Tahun depan kami akan bangun lagi 1 SMA di Desa Sajau Pura,” pungkasnya. (agc/dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here