Begini Komentar Ahmad Usman Soal Sorotan Kinerja Ketua DPRD Tarakan

Ketua DPC PKB Tarakan, Ahmad Usman (kanan), didampingi 4 anggota DPRD Tarakan dari PKB saat menggelar jumpa pers pada 2019 lalu. (Foto: Dok Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tarakan turut mengomentari mengenai pemberitaan yang menyoroti kinerja kader PKB sekaligus Ketua DPRD Tarakan.

“Belum ada fraksi PKB di DPRD Tarakan koordinasi ke DPC, belum terkonfirmasi secara resmi, apalagi sampai tahapan mau evaluasi. Jangan sampai kita subjektif melihat hal itu,” ujar Ketua DPC PKB Tarakan, Ahamd Usman, Rabu (16/2/2022).

Terkait soal politik kehadiran yang menimpa ketua DPRD Tarakan, Ahmad Usman menuturkan, ada dua pilihan jika ingin menjadi politisi, yakni kehadiran karena menjalankan kewajiban atau hanya kehadiran sekadar pencitraan.

“Tidak perlu masyarakat luas tahu ketika kita hadir membantu masyarakat, kalau yang jadi soal itu bencana kebakaran di Sebengkok, ketua DPRD itu hadir juga membantu dari kebakaran sampai adanya relokasi. Saya bisa memperlihatkannya secara visual,” jelas anggota DPRD Kaltara ini.

Soal pergantian atau penyegaran posisi Ketua DPRD atau alat kelengkapan DPRD, Ahmad Usman menjelaskan bahwa unsur pimpinan adalah simbol dari DPRD itu sendiri yang terdiri dari ketua, wakil hingga komisi-komisi di DPRD.

Komisi masing-masing punya kemitraan sebagai kepanjangan tangan dari unsur pimpinan, berkomunikasi dan menugaskan siapa saja yang akan ditunjuk.

“Tidak relevan menilai kehadiran ketua DPRD begitu saja. DPRD itu lembaga kolektif kolegial, mereka sudah membagi tugas, terlalu prematur apabila kalau hanya dinilai dari seperti itu, masa kamu tiap hari harus mengikuti kegiatan ketua DPRD,” bebernya.

Ahmad Usman menambahkan, Lemabag Legislatif sudah punya sistem, tiga Tupoksi yang wajib dijalankan yakni fungsi legislasi, budgeting dan controling.

“Tidak ada orang yang berkompeten atau domain untuk menilai seperti itu, ketika 3 fungsi DPRD sudah jalan,” tambah Ahmad Usman.

Dirinya juga kembali menegaskan, yang disebut sebelumnya mengenai ketua DPRD yang tidak hadir pada saat kebakaran Sebengkok pihaknya memiliki data kehadiran.

“Saya ada video visualnya bagaimana PKB membagikan paket sembako. ribuan sembako yang kita bagi,” tegasnya

Disinggung soal kinerja kadernya di DPRD, Ahmad Usman menjawab bahwa PKB tidak akan menjadi pemenang Pileg (2019) kalau partainya tidak baik. Bahkan, kata dia, PKB hadir bersama Nahdlatul Ulama (NU) membantu masyarakat.

“Kinerja kader kami sudah baik, sudah terarah, kami sudah punya konstituen, itu prioritas kami untuk dibantu, sedangkan untuk menilai kinerja ketua DPRD, kami tidak punya indikator untuk menilai, karena semua sudah berjalan sesuai dengan perencanaan partai PKB,” jawab dia. (kt2)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here