Khairul Ajak Walikota se-Kalimantan Menguatkan Sinergi dan Kolaborasi

KAYANTARA.COM, SINGKAWANG – Wali Kota Tarakan, dr.H.Khairul, M.Kes, sekaligus sebagai Ketua Komisariat Wilayah V APEKSI Regional Kalimantan, mengajak seluruh wali kota se- Kalimantan melalui kegiatan rapat kerja wilayah ini untuk semakin menguatkan komitmen sinergi dan kolabarorasi.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota pada saat Raker Komwil V APEKSI Regional Kalimantan, Kamis (17/3) di Mahkota Hotel Singkawang.

Tema yang diangkat dalam rapat kerja wilayah kali ini adalah Smart City sebagai Solusi Permasalahan Perkotaan.

Kegiatan tersebut juga dilakukan pemaparan best practice oleh Ibu Wali Kota Singkawang, dan materi dengan narasumber dari Kementerian Kominfo dan Kemendagri.

Dari rakerwil ini, wali kota menjelaskan, beberapa rekomendasi yang berhasil dirumuskan.

Antara lain mendukung percepatan pembangunan infrastruktur baik itu darat, laut dan udara untuk wilayah Kalimantan; persiapan dalam rangka pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

Termasuk infrastruktur dan sumber daya manusia; ide untuk membangun perusahaan daerah bersama; mendorong kota-kota yang termasuk di ALKI I dan II untuk dapat melakukan ekspor secara langsung, mendorong pemerintah pusat untuk melakukan normalisasi sunga-sungai di Kalimantan dari pendangkalan.

Terkait smart city, juga akan menyampaikan rekomendasi ke pusat, untuk mendukung penerapan smart city di seluruh wilayah kota.

Komwil V juga akan menyampaikan rekomendasi pemerintah pusat untuk mendukung pemerintah kota untuk bisa mandiri baik secara fiskal dan pelayanan publik.

Sehingga dengan regulasi ini tidak menghambat daerah untuk melakukan inovasi.

Rekomendasi tersebut selanjutnya akan disampaikan ke pemerintah pusat, salah satunya melalui forum Apeksi nasional. (hms)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here