Gubernur: Ayo Keroyokan Menekan Inflasi Kaltara

Gubernur saat memimpin rakor Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR –Melaui Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum meminta segenap pihak untuk saling berkoordinasi dalam menekan inflasi di daerah.

Gubernur menegaskan, seluruh pemangku kepentingan dapat berkoordinasi untuk menjaga stabilitas harga. Utamanya menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 H.

Perlu diketahui tingkat inflasi di Kaltara tahun 2022 diperkirakan lebih tinggi dibandingkan tahun 2021. Namun tetap terkendali dalam sasaran inflasi 3+1%.

Meningkatnya tekanan inflasi Kaltara tahun ini diperkirakan akibat mulai meningkatnya domestik demand seiring dengan penurunan level PPKM pada awal tahun ini.

Tak hanya itu adanya momen besar seperti hari besar keagamaan nasional (HBKN) Ramadan dan hari raya Idulfitri serta perayaan-perayaan seperti Hari Ulang Tahun Kaltara, Festival Budaya Iraw, serta Natal dan Tahun Baru (Nataru) juga turut menjadi faktor penyebab meningkatnya tekanan inflasi.

Karena itu, Gubernur berharap kepada TPID baik di tingkat Provinsi maupun kabupaten/kota untuk lebih meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan kepolisian, satgas pangan, bulog, serta instansi terkait lainnya. Untuk merumuskan upaya-upaya yang dibutuhkan dalam pengendalian inflasi di daerah sesuai kewenangan masing-masing.

“Saya berharap TPID tidak hanya menyasar persoalan yang memicu gejolak harga dengan melalui pendekatan yang bersifat jangka pendek. Namun secara bertahap memberikan solusi atas berbagai persoalan yang sifatnya struktural, seperti peningkatan produktifitas, kelancaran distribusi, dan struktur pasar yang efisien,” jelasnya, Kamis (28/4/2022).

Salah satu upaya yang dilakukan dalam melakukan stabilisasi harga ialah melaksanakan Kegiatan Pengawasan Barang dan Pasar Murah. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here