Kunker ke Sebatik, Hasan Basri Jaring Aspirasi Warga dan Stakeholder

Hasan Basri saat foto bersama dalam kunkernya di RS Pratama Sebatik, Nunukan.

KAYANTARA.COM, SEBATIK – Anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) Kaltara Hasan Basri menjaring sejumlah aspirasi dari stakeholder dan masyarakat saat kunjungan kerja ke Rumah Sakit (RS) Pratama Sebatik, Kabupaten Nunukan, Senin, (26/7/2022).

Dalam kesempatan itu, Hasan Basri akan mengkaji dan meninjau semua aspirasi yang ditujukan ke dirinya.

Sebagai wakil masyarakat Kaltara, Hasan Basri ingin menyerap aspirasi terkait dengan fasilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Misalnya, mengenai fasilitas pelayanan kesehatan yang belum lengkap. Atau sudah lengkap namun belum maksimal. Sehingga menjadi kendala bagi masyarakat yang ingin berobat.

“Kita ingin mengetahui apakah fasilitas pelayanan kesehatan sudah berjalan dengan baik ataupun masih ada kendala lainnya,” ujarnya.

Adapun beberapa aspirasi yang disampaikan masyarakat ke Hasan Basri salah satunya terkait ketersediaan fasilitas dan sarana prasarana.

Hasan Basri menyampaikan permasalahan sarana prasarana merupakan permasalahan yang ada di daerah manapun. Terkait dengan hal ini, pihaknya akan menindaklanjuti dan mendesak kepada Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Kesehatan guna mengalokasikan anggaran lebih untuk kebutuhan kesehatan.

“Sehingga pelayanan kesehatan di RS Pratama bisa benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat. Khususnya mereka yang bermukim di wilayah perbatasan,” lanjut Hasan Basri.

Hasan Basri yang akrab disapa HB menilai seyogianya soal fasilitas pada RS Pratama di Kaltara bisa mendapat porsi lebih.

Mengingat keberadaan Kaltara sebagai daerah perbatasan yang menjadi prioritas pemerataan layanan sosial dasar untuk masyarakat.

“Beberpa waktu lalu melalui sidang paripurna, kita sudah menyampaikan usulan ini (sarana prasana kesehatan). Semoga ke depannya permasalahan kesehatan bisa diakomodir dalam APBN Kementerian Kesehatan tahun depan,” katanya.

Berdasarkan aspirasi yang ia terima, RS Pratama yang berada di Kecamatan Krayan, Sebatik, belum didukung alat kesehatan (alkes) yang mumpuni.

Belum lagi persoalan ketersediaan tenaga medis dan sarana transportasi pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas penunjang lebih baik.

Merespon hal tersebut, Hasan Basri mendesak dan mendorong Pemerintah untuk dapat meningkatkan rasio SDM. Baik peningkatan rasio tenaga kesehatan dokter umum maupun peningkatan rasio dokter spesialis.

“Apa yang dibutuhkan saat ini di RS Pratama kita kan bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk. Seperti kejadian pandemi. Ini yang harus bisa lebih disuarakan agar Pemerintah Pusat bisa segera turun tangan nantinya,” tutup Hasan Basri

Kunjungan reses dan serap aspirasi anggota DPD RI tersebut diterima Direktur RSP Nunukan, dr. Munira beserta seluruh pegawai dan straff RSP Nunukan.  Serta tamu undangan yang hadir.

Sebelum meninggalkan lokasi rombongan terlebih dahulu berswafoto sekaligus membubuhkan tanda tangan komitmen terhadap pelayanan sekaligus dukungan untuk menjadi RS type D di wilayah Sebatik. (*/mediaHB)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here