Bapas Kelas II Tarakan Gelar Bimbingan Kepribadian bagi Klien Pemasyarakatan

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan menggelar kegiatan seminar Bimbingan Kepribadian mengangkat tema“Wawasan Kebangsaan dan Keagamaan Ciptakan Klien Bapas yang Sadar Hukum dan Taat Beragama, Rabu (28/7/2022).

Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 27 hingga 28 Juni 2022 yang dihadiri 20 orang peserta klien pemasyarakatan yang berstatus aktif sebagai klien bimbingan.

Kepala Bapas Tarakan, Andik Dwi Saputro membuka secara langsung acara dengan hikmat dengan dihadiri oleh jajaran pejabat struktural dan berharap agar pada klien tidak mengulangi perbuatannya yang serupa.

“Dengan adanya kegiatan ini, Saya berharap kalian tidak mengulangi perbuatan yang sama lagi. Selama menjalani masa pidana direnungkan karena banyak orang yang dikorbankan, seperti keluarga,” ujar Andik.

Andik mengungkapkan dalam kesempatan ini para klien diberikan beberapa materi oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kaltara dan Pensiun yang bekerja di Lapas Kelas II A Tarakan.

“Ada dua materi diantaranya tentang kepribadian sadar hukum, tentang ketenangan jiwa dengan shalat,” ungkapnya

Pada materi Kepribadian Sadar Hukum memberikan penguatan kepada mantan napi selepas bebas dan kembali ke masyarakat.

 “Mulailah untuk memperbaiki setiap kesalahan yang diperbuat di masa lalu untuk menjadi lebih baik di masa depan,” pungkasnya.

Selain itu, materi kedua tentang Ketenangan Jiwa dengan Shalat  agar para Klien Pemasyarakatan dapat mengerti bagaimana keadaan psikologi dan religi napi.

“Tidak ada jalan lain selain bertaubat atas dosa yang kalian lakukan. Taubat jika tidak diiringi dengan shalat tidak akan berpengaruh,” jelasnya. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here