Bapas Tarakan Ajak Klien Pemasyarakatan Belajar Langsung di Kolam

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Rangkaian acara Bimbingan Kemandirian yang diselenggarakan oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan bekerja sama dengan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Rizky Mina Utama memasuki hari kedua pada Jumat (26/8/2022).

Setelah Klien Pemasyarakatan mendapatkan materi tentang cara budidaya ikan lele dan cara pemasarannya, selanjutnya Ketua Rizky Mina Utama, Fidy Asrani mengajak peserta Klien Pemasyarakatan belajar langsung di kolam ikan lele yang dikelola Rizky Mina Utama.

Rizky Mina Utama mengungkapkan bahwa dirinya memiliki beberapa kolam ikan lele, namun untuk praktik di lapangannya mereka (Klien Pemasyarakatan) mengajak ke kolam yang berlokasi di Karang Harapan.

“Klien Pemasyarakatan melihat secara langsung proses budidaya ikan lele mulai dari pembibitan hingga pembesarannya. Harapannya, mereka dapat mengerti dan menambah pemahaman setelah mendapat teori.”ujarnya

Dari pantauan Kayantara.com, Klien Pemasyarakatan terlihat antusias belajar secara langsung di kolam. Banyak pertanyaan yang mereka lontarkan terkait dengan budidaya ikan lele.

 “Di kolam ini berfokus pada pembibitan. Untuk penbesarannya nanti kami pindah ke kolam yang lain. Jika teman-teman berminat untuk memulai budidaya ikan lele nantinya, teman-teman dapat mengambil bibit ikan lele dari sini”, jelas Fidy tatkala menerangkan kepada Klien Pemasyarakatan.

Sementara itu, SM salah satu Klien Pemasyarakatan memberikan feedback setelah mengikuti acara selama dua hari terakhir.

 “Kami berterima kasih atas pelatihan yang sudah diberikan. Saya mendapat banyak sekali ilmu setelah mengikuti pelatihan ini. Jujur saya tertarik dan memiliki niat untuk membudidayakan ikan lele. Semoga nanti dapat dibantu oleh Rizky Mina Utama,” ujarnya.

Diketahui, Rizky Mina Utama merupakan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas).

Pokmas Lipas merupakan suatu bentuk upaya yang dilakukan oleh Pemasyarakatan Kemenkumham dengan melibatkan masyarakat dalam mencapai tujuan sistem pemasyarakatan yaitu reintegrasi sosial.

“Dengan adanya Pokmas Lipas diharapkan fungsi Bapas dalam membimbing dan mendampingi Klien Pemasyarakatan dapat maksimal.”ucapnya

Menutup acara Bimbingan Kemandirian, Kepala Sub Seksi, Dwi Prasetio mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan.

“Terima kasih atas kerja sama dengan Poldakan Rizky Mina Utama selama dua hari ini. Semoga pelatihan budidaya ikan lele ini memberikan manfaat pada klien kami, baik bagi dirinya sekarang maupun ketika bebas nanti. Jadi, ketika di luar sudah memahami apa yang akan dilakukan nanti setelah bebas,” tutupnya. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here