Pelajar Kaltara Ikut Sukseskan Pemecahan Rekor MURI Launching SKJ

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, ikut bagian menyukseskan launching Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) Pelajar yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) RI.

Kegiatan yang digelar secara serentak pagi tadi, sukses menyelesaikan senam pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat, Sabtu (28/8/2022).

Kepala Dispora Obed Daniel menyebutkan, selain bertujuan mensosialisasikan, SKJ ini juga untuk memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia atau MURI SKJ Pelajar terbanyak secara hybrid dengan target 1 juta peserta.

Ia mengaku sesuai dengan surat dari Kemenpora bahwa pelaksanaan dijadwalkan Pukul 10.00 WIB.

Dengan mempertimbangkan perbedaan rentan waktu antara Jakarta-Kalimantan dan cuaca, sehingga diputuskan untuk mengadakan senam lebih awal, yakni Pukul 08.00 WITA.

Melihat antusias pelajar yang mengikuti senam ini, Obed mengapresiasi seluruh pihak khususnya para pelajar yang turut mendukung kegiatan ini.

“Animonya luar biasa, kami berterima kasih kepada adik-adik pelajar yang telah mengikuti senam ini. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, akan tetapi untuk di Kaltara digelar lebih awal secara serempak jam delapan, di Nunukan dan di Tarakan juga melaksanakan serempak,” ujar Obed usai mengikuti senam.

Menurut laporan yang ia terima, untuk daerah Nunukan jumlah pelajar yang mengikuti SKJ sekitar 1.200 siswa. Demikian pula untuk Tarakan dan Bulungan di perkirakan mencapai 1000 lebih siswa.

Hal senada disampaikan Kepala Disdikbud Kaltara Teguh Henri Sutanto, ia mengatakan guna mengantisipasi kondisi peserta maka Kaltara memajukan pelaksanaan lebih awal.

Ia juga mengungkapkan, SKJ memberikan manfaat yang baik untuk anak-anak. “Dengan membudayakan senam dilingkungan pelajar, akan mempersiapkan para siswa untuk menerima pelajaran dengan baik,” kata Teguh.

Untuk diketahui, launching SKJ Pelajar digelar terpusat di Plaza Utara Gelora Bung Karno Senayan-Jakarta, dan diikuti serentak secara daring di 34 provinsi dan 405 kabupaten/kota. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here