Bapas Tarakan Gelar Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan jadi Produk Siap Saji

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan sukses menyelenggarakan kegiatan kemandirian yang bertemakan pengolahan hasil perikanan jadi produk siap saji bagi klien pemasyarakatan.

Pelatihan ini bekerja sama dengan Usaha, Mikro, Kecil Menengah (UMKM) Rumah Ratu Industri, sejak 15 hingga 16 September 2022 di Aula Bapas Kelas II Tarakan.

Adapun pemateri dalam kegiatan dari UMKM Rumah Ratu Industri yakni Nurhikma, Stephanie Bija, dan Imra yang juga dosen pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Borneo Tarakan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bapas Kelas II Tarakan Andik Dwi Saputro dengan rincian teori dan praktik langsung.

“Pembimbingan kemandirian adalah komitmen Bapas dalam memberikan bimbingan untuk meningkatkan kualitas klien pemasyarakatan, sehingga ketika kembali ke masyarakat memiliki kemampuan dan dapat hidup mandiri serta dapat memperoleh pekerjaan halal,” terang Andik Dwi Saputro.

Sementara itu, Nurhikma menyampaikan bahwa kegiatan pengolahan cukup menarik karena dilihat dari latar belakang klien pemasyarakatan yang diberi bimbingan.

“Harapan kami kegiatan bisa berkelanjutan supaya pembinaan di masyarakat tidak hanya terpusat sama masyarakat luas, tapi juga ibu-ibu yang seharusnya kita rangkul dan kita bimbing,” tambahnya.

“Banyak sekali ilmu yang saya dapat, seperti cara pengolahan ikan bandeng, melalui pelatihan kami mengetahui bagaimana mengolah makanan siap saji dengan daya jual tinggi di pasaran,” kata salah satu peserta berinisial M.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar mulai dari pembukaan, pelaksanaan, penandatanganan dengan UMKM Rumah Ratu Industri sampai dengan praktik pengolahan. Harapan kita l, semoga Klien yang mengikuti kegiatan kemandirian ini, setelah mengikuti kegiatan ini bisa langsung menerapkan ilmunya,” tambah Kepala Subseksi Bimbingan Klien Dewasa, Dwi Prasetio. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here