Hasan Basri: Pembangunan Pusat Pemerintahan Tonggak Awal Kemajuan dan Perubahan KTT

KAYANTARA.COM, TIDENG PALE – Pemerintah Kabupaten Tana Tidung (KTT) melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan pusat pemerintahan KTT, Senin 10 Oktober 2022.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Komite III DPD RI Hasan Basri, Senator asal Kalimantan Utara (Kaltara) Fernando Sinaga, Wakil menteri LHK Alue Dohong, Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali, Asisten Pembangunan Pemprov Kaltara, tokoh adat, tokoh agama dan tamu undangan lainnya.

Melalui siaran persnya, Hasan Basri menyampaikan kehadiran pusat pemerintahan KTT diharapkan bisa memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat serta bisa memicu dan menghidupkan perekonomian di KTT.

“Pembangunan pusat pemerintahan ini merupakan tonggak awal kemajuan dan akan menjadi icon kemajuan dan perubahan Kabupaten Tana Tidung,” kata Hasan Basri.

Senator muda asal Kaltara ini menyampaikan, KTT memiliki kekayaan potensi daya alam yang strategis dalam pengembangan wilayah berkelanjutan.

KTT, lanjut dia, merupakan kawasan yang patut diperhitungkan dalam mendukung progresivitas percepatan pembangunan berkelanjutan Kaltara dan Ibukota Negara Baru Nusantara (IKN).

“Apalagi melihat potensi dari pemindahan IKN ke Kalimantan Timur, tentu turut berdampak pada terciptanya akselerasi pembangunan di sekitarnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Hasan Basri menilai besarnya potensi sumber daya alam di KTT tidak berbanding lurus dengan ketersediaan aset lahan milik pemerintah.

Hasan Basri menambahkan, sejak berdirinya KTT, wilayah termuda di Kaltara itu tidak memiliki aset tanah dan bangunan, sebagai wujud pembangunan wilayah.

Bahkan, dominasi lahan tersebut merupakan kawasan hutan yang dikelola perusahaan. “Untuk pembangunan wilayah kita ini, kita masih menyewa lahan dengan pengelola kehutanan, terutama fasilitas umum dan infrastruktur,” jelas Hasan Basri

“Makanya, pengelolaan sumber daya alam pun tidak dapat berjalan maksimal. Sehingga berdampak pada mahalnya bahan pokol di sini,” lanjutnya.

Sementara itu besarnya dominasi hak guna usaha perkebunan dan pemanfaatan hutan tanaman industri oleh perusahaan juga, menjadi sebab sulitnya melakukan pengembangan wilayah di KTT

“Dengan melakukan berbagai diskusi dan silaturahmi kepada para pejabat baik di pemerintah Kaltara hingga pemerintah pusat, akhirnya hari ini Kabupaten Tana Tidung memiliki aset lahan sendiri seluas 405 ha,” urainya.

Hasan Basri berharap dengan adanya acara ini dapat mempererat sinergritas antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat untuk kemajuan dan perkembangan di daerah khususnya di Kaltara.

“Kita berharap dengan dilaksanakan acara ini juga bisa memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat di Kabupaten Tana Tidung,” kata Hasan Basri

Dalam kesepakatan yang sama, Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali menyampaikan terima kasih khususnya kepada Ketua Komite III DPD RI Hasan Basri yang banyak membantu proses alih fungsi lahan sampai terlaksananya peletakan batu pertama sebagai tanda telah dimulai pembangunan puspem ini. (mediaHB)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here