Kapolda Sidak Layanan di Samsat, Termasuk Pembuatan SIM, Begini Hasilnya

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Adityajaya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Pelayanan Sistim Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Kota Tarakan, Rabu, (9/11/2022).

Sidak ini bertujuan untuk untuk menindaklanjuti perintah Kapolri terkait pencegahan praktik pungutan liar (pungli) di setiap kantor pelayanan publik.

Serta untuk memastikan pelayanan kepolisian berjalan dengan baik. Dalam kesempatan itu, Kapolda juga mengecek kelayakan fasilitas-fasilitas yang digunakan untuk melayani masyarakat.

Hal ini juga telah dituangkan dalam konsep transformasi menuju Polri yang Presisi, pada bidang transformasi pelayanan publik.

“Pengecekan ini dilakukan guna mengetahui secara langsung situasi, kondisi dan kesiapsiagaan personel, serta mengecek kebersihan ruangan dan pelayanan satuan kerja yang memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol. Budi Rachmat,

Setelah dari kantor Samsat, Kapolda menuju Satpas pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Polres Tarakan dan Ruang Pelayanan Terpadu (Etle) Dit Lantas Polda Kaltara.

Pemohon SIM di Satpas Polres Tarakan kurang lebih 40 pemohon setiap harinya. Baik pemohon baru dan perpanjangan.

Sedangkan dalam penegakan hukum elektronik (E-Tilang) Dit Lantas Polda Kaltara data terkonfirmasi setiap harinya sebanyak kurang lebih 50 pelanggar. “Penegakan hukum e-tilang ini untuk meminimalisir terjadinya pungli di lapangan,” ungkapnya.

Dalam sidak yang dilaksanakan tidak ditemukan pelanggaran atau praktik pungli yang dilakukan oleh anggota Polri. pelayanan dilaksanakan sesuai prosedur/SOP.

Budi Rachmat juga mengatakan pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung situasi, kondisi dan kesiapan personel dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

”Pada Kesempatan tersebut, Bapak Kapolda Kaltara minta kepada para personel agar pelayanan kepada masyarakat selalu diutamakan, karena tugas pokok Polri adalah melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat dengan tulus dan ikhlas,” pungkasnya. (*/kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here