Masjid Modern Hujan As Salam Berbahagia Bersama Santri

Oleh: Adinda Rahmadhani

BERSAMA Bahagiakan Santri adalah salah satu dari banyaknya program yang diemban oleh Masjid Modern Hujan As Salam.

Setelah berhasil mengadakannya pada bulan Desember lalu, Masjid Modern Hujan AS-Salam kembali melancarkannya pada 17, Januari 2023 yang merangkul berbagai elemen seperti para donatur, santri penerima amanah, marbot masjid, pengasuh, direksi, volunteer, dan pengelola masjid lainnya sebagai panitia dalam BBS kali ini.

Kegiatan BBS ini kerap dilaksanakan setiap sebulan sekali dengan melibatkan partisipan berupa santri dan santriwati yang berasalkan dari LKSA, panti asuhan, yatim, piatu, dhuafa di Kota Tarakan.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyebar kebahagiaan, memuliakan, dan melayani santri dan santriwati terkait dengan mengajak mereka jalan-jalan, bermain, makan bersama, berbelanja, dan berenang, serta melaksanakan amanah Allah SWT.

Dalam Q.S AlBaqarah ayat 220, Allah berfirman, “Tentang dunia dan akhirat. Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang anak-anak yatim. Katakanlah, “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik!” Dan jika kamu mempergauli mereka, maka mereka adalah saudara-saudaramu. Allah mengetahui orang yang berbuat kerusakan dan yang berbuat kebaikan. Dan jika Allah menghendaki, niscaya Dia datangkan kesulitan kepadamu. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.”

Berlandaskan tujuan tersebut, panitia BBS bertekad merangkai kegiatan sebaik-baiknya, dipastikan dengan santri dan santriwati yang kembali pulang ke panti asuhan berbekal buah tangan yang berlimpah ruah, dan tentu dengan hati penuh kebahagiaan.

Rangkaian kegiatan tersebut berupa, penjemputan santri dan santriwati dari panti asuhan Ahmad Dahlan, Nurul Yaqin, dan Berkah Ar-Rahim menuju lokasi makan bersama yang dilangsungkan di Kentucky Friend Chicken Kota Tarakan.

Kemudian, kawanan melipir ke Amal Beach Water Park, dilanjutkan dengan prakata acara oleh sambutan Ustaz Rezky Seftiansyah Putra selaku Presiden Masjid Hujan As salam, “Terima kasih banyak atas keterlibatan dan kerja keras panitia dalam melancarkan kegiatan Bersama Bahagiakan Santri ini sebagai upaya kita semua dalam menyantuni anak yatim, jangan lelah jadi orang baik, kalau lillah takkan lelah.” Ucap pemuda penuh energik itu.

Usai sambutan, santri dan santriwati diserukan untuk bermandian di kolam renang Amal Beach Water Park. Kemudian mereka diantar kembali ke Masjid Hujan As Salam untuk melaksanakan ibadah salat maghrib dan doa bersama, mereka juga diajak berbelanja keperluan sandang pangan di Hujan Store milik BUMM (Badan Usaha Milik Masjid), di penghujung kegiatan, santri dan santriwati diberikan bingkisan yang merupakan sedekah dari orang-orang baik.

Usailah rangkaian BBS bulan ini dengan diiringi harapan oleh Apriliani selaku Ketua Liaison Officer (naradamping), “Untuk seluruh yang bersangkutan dalam kegiatan ini semoga Allah bisa istikamahkan di jalan kebaikan dan menjadi hamba–hamba kebanggaan dan kesayangan Allah untuk dirinya dan seluruh keluarga serta keturunannya.

Semoga kegiatan BBS ini, Allah rida untuk dilaksanakan tingkat provinsi bahkan nasional.” Harap perempuan berbalut kerudung ungu. Tidak lupa, ucapan terima kasih dari Sabariah selaku Ketua Panitia BBS, sembari haru beliau menyampaikan sepatah dua kata, “ Beribu-ribu terima kasih sama sampaikan, tanpa andil teman-teman semua, kegiatan ini tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Tidak ada pemeran cadangan dalam kegiatan kita kali ini, semuanya adalah pemeran utama.” Tutur Santri Penerima Amanah itu.

Kegiatan ini memberi bahkan membawa banyak kebahagiaan, bukan hanya pada panitia penyelenggara, tetapi juga partisipan, dalam hal ini adalah santri dan santriwati panti asuhan terkait, penuh harapan, penuh sukacita, dan penuh pelajaran akan menjadi manusia yang bermanfaat dengan menjalankan amanah Allah untuk membahagiakan anak yatim maupun piatu, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. (*)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here