IKAPTK Kaltara Juara Futsal se-Kaltimtara

KAYANTARA.COM, BONTANG – Kalahkan juara bertahan, Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kalimantan Utara (Kaltara) raih juara turnamen futsal IKAPTK se-Kalimantan Timur dan Kaltara (Kaltimtara).

Turnamen futsal yang dilaksanakan dalam rangka silaturahmi IKAPTK Kaltimtara di Bontang ini dilaksanakan sehari, 28 Januari 2023. Sebelumnya, silaturahmi para alumni Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN), Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Samarinda Tahun 2019 dan Balikpapan Tahun 2022.

“Selain kumpul silaturahmi, panitia mengadakan kegiatan turnamen futsal antar kabupaten/kota se-Kaltimtara. Di mana turnamen futsal tahun sebelumnya dijuarai oleh IKAPTK Kota Samarinda dan merupakan juara bertahan berturut-turut,” ujar Nelwan Yudha Pratama, S.STP, Kapten Tim Futsal IKAPTK Kaltara.

Akan tetapi, lanjutnya, kali ini dalam turnamen futsal tahun 2023, IKAPTK Samarinda gagal mempertahankan status juara bertahannya dan harus menyerahkan kepada IKAPTK Kaltara.

“Dilaksanakan (turnamen) hanya sehari tanggal 28 Januari 2023. Pengundian drawing pembagian grup dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang dan disaksikan langsung oleh walikota bersama unsur Forkopimda Bontang sehari sebelum pelaksanaan,” paparnya.

Lanjut dipaparkan Nelwan, turnamen futsal IKAPTK Kaltimtara tahun ini terbagi menjadi dua grup dan tim IKAPTK Kaltara tergabung dalam grup neraka, yaitu grup B bersama Tim IKAPTK Kaltim, IKAPTK Samarinda sebagai juara bertahan dan IKAPTK Berau yang juga pernah juara 2 Tahun 2019.

Sementara di grup A, ada tuan rumah Bontang, kemudian Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat dan gabungan Paser – Penajam Paser Utara (PPU).

Memulai laga pembuka, sebut purna Praja IPDN Angkatan 24 ini, IKAPTK Kaltara langsung dihadapkan dengan partai berat berhadapan dengan IKAPTK Kaltim dan sempat tertinggal 1-0. Namun, IKAPTK Kaltara mampu membalikan keadaan menjadi 3-1 hingga peluit panjang dibunyikan.

“Di laga berikutnya IKAPTK Kaltara berjumpa dengan juara bertahan berturut-turut, yakni IKAPTK Samarinda. Mereka tampil dengan skuad senior yang penuh pengalaman. Jadi kami hanya mampu berbagi poin yakni dengan skor akhir 2-2,” ungkap Nelwan.

Di laga penentuan berikutnya, IKAPTK Kaltara berhadapan dengan IKAPTK BERAU. Tampil habis-habisan, IKAPTK Kaltara mampu menang dengan skor tipis 2-1 dan IKAPTK Kaltara juara grup B di dampingi tim IKAPTK Kaltim sebagai runner up grup B. Sedangkan juara grup A adalah tim gabungan IKAPTK Paser – PPU dan runner up IKAPTK Kutai Kartanegara.

“Masuk partai semifinal, IKAPTK Kaltara bertemu dengan tim IKAPTK Kutai Kartanegara dengan skor akhir 6-4 utk kemenangan tim IKAPTK Kaltara,” bebernya.

Sementara itu, di pertandingan semifinal antara IKAPTK Kaltim dan gabungan tim IKAPTK Paser – PPU dimenangkan oleh Paser – PPU dengan drama adu penalti. Kemudian di perebutan juara ketiga, IKAPTK Kaltim berhasil mengalahkan IKAPTK Kutai Kartanegara.

Sedangkan di partai final antara IKAPTK Kaltara dengan IKAPTK Paser – PPU, pertandingan sengit terjadi. Jual beli serangan dilakukan kedua tim hingga skor akhir 2-2 dan memaksa pertandingan harus dilanjutkan dengan drama adu penalti.

Tendangan dua eksekutor dari Paser – PPU berhasil digagalkan oleh kiper IKAPTK Kaltara M. Hatami. Dari enam tendangan penalti, IKAPTK Kaltara hanya sekali lepas dari gawang lawan sehingga skor akhir penalti 5-3 dan berhasil menghantarkan tim IKAPTK Kaltara menjadi juara baru turnamen IKAPTK se-Kaltimtara di Bontang.

“Dalam penghargaan individu, Ikhwan Refianto, S.STP (IKAPTK Kaltara) dinobatkan sebagai pemain terbaik. Untuk gelar top skor di peroleh Dimas Hamidan Nur, S.STP (IKAPTK Kutai Kartanegara) dengan torehan 9 gol.” pungkas Nelwan. (kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here