Kunker Jokowi ke Kaltara 1 Maret, Ini Lokasi yang Akan Dikunjungi

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Kaltara, Zainal A.Paliwang saat berkunjung ke Kaltara pada 2021 lalu. (Foto: Dok)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kunjungan kerja atau kunker Presiden RI Joko Widodo ke Provinsi Kalimantan Utara dijadwalkan tanggal 1 Maret 2023.

Kepastian itu disampaikan langsung oleh Gubernur Kaltara, Zainal A.Paliwang kepada wartawan saat berada di Tarakan, Minggu (26/2) kemarin.

Dikatakan Gubernur, persiapan menyambut kunjungan kerja Kepala Negara di Bumi Benuanta, sebutan Provinsi Kaltara, hingga saat ini sudah mencapai 90 persen.

“Untuk pengamanan kita serahkan ke Danrem bersama Paspampres. Yang jelas jadwal kedatangan Presiden Jokowi ke Kaltara sudah fiks tanggal 1 Maret,” ujarnya.

Selama di Kaltara, lanjut Gubernur, Presiden Jokowi akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang yang berlokasi di Kabupaten Malinau.

Untuk diketahui, PLTA Mentarang yang diproyeksi berkapasitas 1.375 Megawatt (MW) masuk sebagai Proyek Strategis Nasional atau PSN sebagaimana ditetapkan dalam Permenko Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional, ditandatangani Menko Ekonomi Airlangga Hartarto, pada 22 Desember 2022 lalu.

Selain itu, masih dikatakan Gubernur, Presiden Jokowi juga akan meninjau progres pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Mangkupadi – Tanah Kuning di Kabupaten Bulungan.

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga akan mengunjungi beberapa fasilitas umum lainnya. Seperti pasar tradisional yang berada di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan dan Tarakan.   “Kunjungan beliau ke pasar untuk melihat langsung bagaimana ketersediaan sembako terjamin di Kaltara,” katanya. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here