Pertama di Indonesia, PT Kayan LNG Nusantara di KTT Resmi Beroperasi

KAYANTARA.COM, TIDENG PALE -Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A Paliwang, S.H., M.Hum mengunjungi lokasi pembangunan kilang pengolahan gas alam cair PT Kayan LNG Nusantara di Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung, Senin (7/3/2023).

Dalam penyampaiannya, Gubernur mengapresiasi komitmen PT Kayan LNG Nusantara terhadap pembangunan daerah yang sangat besar. Ia memastikan masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Nunukan akan mendapatkan manfaat besar setelah kilang ini beroperasi.

“Saya harapkan tenaga-tenaga yang dipekerjakan adalah masyarakat asli daerah Kaltara. Artinya, apabila ada proyek besar, Kaltara jangan hanya sebagai penonton dan tentunya kita sebagai masyarakat daerah juga harus mempersiapkan diri,” ujar Gubernur.

Kapasitas produksi LNG di kilang ini sebesar 22 mm per hari. Selain itu, kilang tersebut juga memproduksi LPG yang diperkirakan 400 – 500 ton per bulan.

“Cukup besar bagi Kaltara bayangkan nilai investasi yang ditanamkan akan membuka lapangan pekerjaan. PT Kayan LNG Nusantara nantinya akan membeli gas dari Pertamina dan Medco diolah menjadi LNG lalu dikirim ke Tarakan menggunakan iso tank untuk diekspor. Rantai pasok yang cukup panjang ini dapat memicu pertumbuhan ekonomi di Kaltara,” ungkapnya.

Gubernur menjelaskan, dampak APBD terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah itu kurang lebih 23 persen, sehingga 77 persen pertumbuhan ekonomi sangat bergantung pada dunia usaha swasta.

“Saya sampaikan secara khusus kepada Bupati KTT, adinda Ibrahim Ali, beserta jajaran, untuk memberikan kemudahan dan fasilitas bagi semua investor yang mau berkegiatan disini. Jangan dipersulit. Investor akan membawa uangnya ke Kaltara, beri peluang. Kita harapkan semua kabupaten/kota mempersiapkan para investor yang mau melakukan investasi,” ujarnya.

Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali meminta PT Kayan LNG Nusantara untuk memperhatikan masyarakat sekitar.

“Untuk mendongkrak perekonomian di Kabupaten Tana Tidung, kami berpikir keras. Kami berharap dengan adanya sektor swasta yaitu PT Kayan LNG Nusantara yang ada di kecamatan Tana Lia bisa mendongkrak perekonomian di kecamatan ini,” harapnya.

Ia mengucapkan rasa terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Utara yang selalu memberikan dukungan dan mengawal pembangunan Kabupaten Tana Tidung. (adv)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here