Paguyuban Blitar di Tarakan Dikukuhkan, Gedung Sekretariat Pakuwaja Mulai Dibangun

Prosesi pengukuhan Pengurus Paguyuban Blitar Patria Tarakan

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Pengurus Paguyuban Blitar Patria domisili Tarakan masa bakti 2023-2028 resmi dikukuhkan, pada Minggu (19/3) kemarin.

Acara pengukuhan dilangsungkan di Jalan Sei Bengawan Kelurahan Juata Permai Kecamatan Tarakan Utara.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Kesbangpol Tarakan, Muhammad Haris yang juga selaku Dewan Penasehat Pakuwaja Tarakan. Serta disaksikan langsung oleh ketua dan pengurus Pakuwaja Tarakan dan tokoh pemuda Pakuwaja dan lainnya.

Ketua Paguyuban Blitar Patria Tarakan, Waris menyampaikan ucapan terima kasih atas amanah yang diembankan kepadanya. Baginya, jabatan ini merupakan suatu kehormatan  dan tanggung jawab yang besar. Di mana harus dipikul bersama-sama untuk mewujudkan kebersamaan, gotong royong, guyub rukun di perantauan.

“Saya berharap warga Blitar khususnya dapat ikut berpartisipasi mengisi pembangunan di kota Tarakan, dan selalu bersinergi dalam segala kegiatan Pakuwaja di Tarakan,” harapnya.  

“Untuk itu kami mohon doa dan dukungan serta bimbingan kepada bapak ketua dan jajaran pengurus Pakuwaja Tarakan agar paguyuban soko Blitar dapat selalu  bersinergi dengan jajaran pengurus Pakuwaja bersama soko-soko yang lainnya,” tambah Waris.

Sementara Ketua Pakuwaja Tarakan, H. Djamin dalam sambutannya mengatakan sejarah berdirinya Pakuwaja di kota Tarakan sejak 2001 silam, yang hingga saat ini terdiri dari  tiga pilar.

Yaitu Dewan Kesenian, Ikatan Perempuan  Pakuwaja dan Pemuda Pakuwaja. “Di Tarakan ada 40 soko, dan ada 87.976 jiwa warga Jawa yang ada di Tarakan,” sebutnya.

Ia menambahkan Pakuwaja merupakan rumah besar suku Jawa. Tujuannya untuk berkumpul melestarikan adat istiadat dan budaya Jawa di tanah perantauan khususnya di kota Tarakan.

“Kita sebagai organisasi sosial tentunya harus membuka diri dan selalu bersinergi, baik dengan tokoh masyarakat maupun ketua Paguyuban lainya,” tuturnya.

Disamping itu, lanjut Djami, harus selalu bersinergi dengan pemerintah, turut berpartisipasi dan memberikan kontribusi nyata untuk  pembangunan daerah guna kemajuan Tarakan.

“Modal dasar kita sebagai orang Jawa yang mempunyai sumberdaya manusia yang handal di berbagai bidang, dan  tentunya berpedoman dengan prinsip di mana bumi diinjak di situ langit kita junjung,” ujarnya.

Ia mengungkapkan saat ini tengah dibangun Gedung Sekretariat Pakuwaja yang terletak di wilayah Kelurahan Kampung Satu Skip Kecamatan Tarakan Tengah.  

“Alhamdullilah progres pembangunannya terus berjalan, sumber anggaran murni dari swadaya dan gotong royong semua warga yang berada di Tarakan, ke depanya tentunya kita sama-sama menginginkan segera selesai agar bisa menjadi tempat untuk saling berkumpul, baik kegiatan keagamaan sosial maupun kesenian serta kegiatan lainnya,” pungkasnya. (kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here