Ekonomi Kaltara Tumbuh Resilien, Jadi Daya Tarik Investasi Dalam dan Luar Negeri

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Utara, Wahyu Indra Sukma menyampaikan ekonomi Kaltara pada 2022 tumbuh resilien di tengah dinamika global.

Bahkan, pertumbuhan ekonomi Kaltara lebih tinggi dari capaian Nasional sebesar 5,31%. Kebijakan pada tahun 2022 dinilai efektif mendukung kinerja positif tersebut di antaranya, akselerasi vaksinasi yang mampu menurunkan penyebaran Covid 19 dan mendukung mobilitas serta aktivitas ekonomi masyarakat, peran fiskal sebagai shock absorber mendukung konsumsi domestik dan daya beli masyarakat, keberlanjutan program strategis nasional.

Termasuk digitalisasi dalam mendukung efisiensi, produktivitas, dan inklusifitas perekonomian, strategi dan upaya pengendalian inflasi yang terimplementasi dengan baik.

Demikian disampaikan Wahyu Indra Sukma dalam acara Diseminasi laporan Perekonomian Provinsi (LPP) Kaltara semester 1 tahun 2023 pada 21 Maret lalu dikutip dari keterangan persnya, Jumat (24/3).

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kaltara 2022, sebut dia, tercatat tumbuh positif 5,34%, lebih tinggi dari capaian pada tahun 2021 sebesar 3,98%.

“Selain mampu memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi serta tren boom harga komoditas pada sektor pertambangan, ekonomi Kaltara 2022 juga didukung tingginya realisasi investasi tahun 2022 yang berdasarkan data BKPM mencapai Rp13,7 triliun, lebih tinggi dari target yang ditetapkan oleh BKPM sebesar Rp9,5 triliun,” jelasnya.

BI Kaltara meyakini ekonomi Kaltara tahun 2023 akan tetap tumbuh positif pada kisaran 4,87-5,67%. Dibutuhkan sinergi dan ekstra effort dalam rangka mengawal sumber-sumber pertumbuhan ekonomi tahun 2023, khususnya mendorong realisasi investasi proyek strategis yang diyakini akan menjadi leapfrog atau lompatan katak untuk transformasi ekonomi Kaltara.

Selanjutnya pada tahun 2024, pertumbuhan ekonomi Kaltara akan semakin akseleratif sejalan dengan realisasi investasi proyek strategis nasional beserta multiplier efeknya  yang akan semakin dirasakan manfaatnya.

Dari sisi inflasi, data BPS menunjukkan bahwa inflasi gabungan 2 kota IHK di Kaltara pada 2022 tercatat sebesar 4,74% lebih rendah dari inflasi Kalimantan sebesar 5,94% maupun Nasional 5,51%.

Inflasi yang terkendali ini berkat sinergi positif TPID se-Kalimantan Utara melalui berbagai program seperti Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Gerakan menanam, Koordinasi melalui HLM TPID, Operasi pasar, Pemantauan Harga ke Agen, Sidak pasar dan Subsidi Ongkos Angkut (SOA).

Di tahun 2023 ini, dari sisi inflasi dihadapkan sejumlah tantangan seperti fluktuasi harga komoditas energi yang diperkirakan masih akan berlanjut pada tahun 2023.

Selain itu, mobilitas masyarakat yang semakin meningkat diprakirakan akan meningkatkan permintaan, khususnya pada momen tertentu apabila tidak diimbangi dengan pemenuhan pasokan yang memadai, dapat menimbulkan fenomena supply shocks.

“Untuk itu, segenap anggota TPID se-provinsi Kaltara perlu menguatkan sinergi dan menyusun langkah pengendalian inflasi yang tepat dan efektif untuk menjaga tekanan inflasi tetap terkendali dan memenuhi target sasaran inflasi sebesar 3±1% tahun 2023 ini” ujar Wahyu dalam sambutannya.

Wahyu menambahkan bahwa peningkatan investasi pada industri pengolahan atau hilirisasi diyakini merupakan langkah strategis untuk menjaga ketahanan ekonomi, di tengah tantangan perlambatan ekonomi global saat ini, sekaligus akan menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi pada masa mendatang.

Sejalan dengan peningkatan target realisasi investasi pada industri hilirisasi tersebut, diharapkan transformasi ekonomi Indonesia maupun Kaltara dari yang berorientasi sumber daya alam menjadi produk-produk yang bernilai tambah tinggi juga semakin cepat terealisasi dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Ekonomi Kaltara terbukti resilien dengan tumbuh tinggi pada tahun lalu dengan inflasi yang terkendali. Kami optimis resiliensi Kaltara tersebut akan menarik bagi investor baik dalam negeri atau luar negeri ditambah dengan potensi kewilayahan maupun sumber daya yang dimiliki Kaltara”, ujarnya. (kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here