Pakuwaja Kaltara Gelar Safari Ramadan di KTT, Saimin: Momentum Bersilahturahmi dan Konsolidasi

Pengurus Pakuwaja Kaltara dan Tana Tidung beserta warga saat foto bersama dalam acara Safari Ramadan

KAYANTARA.COM, TIDENG PALE – Pengurus Pakuwaja Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar Safari Ramadan 1444 hijriah/2023 masehi. Tempat yang disasar kali ini adalah di Kabupaten Tana Tidung (KTT) yang digelar pada Jumat, 7 April kemarin.

Ketua Umum Pakuwaja Kaltara, H. Saimin, S.Ag, M.M, menerangkan bahwa pelaksanaan Safari Ramadan 2023 merupakan momentum untuk bersilaturahmi dan konsulidasi. Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam hakikat organisasi untuk tumbuh menjadi besar dan sehat.

“Tentunya untuk mewujudkan program kerja Pakuwaja Kaltara yang terus bergerak, menyapa warga Jawa yang ada di setiap daerah untuk tetap solid dalam menjalankan roda organisasi,” ujar Saimin dalam sambutannya.

Pihaknya juga memastikan Pakuwaja harus menyentuh ke semua lapisan sampai masyarakat bawah. Serta mengajak warga Jawa Guyub agar selalu rukun.dan tetap mengedepankan budaya gotong royong guna mengurangi beban dan turut menyelesaikan segala persoalan yang timbul.

“Tentunya ini harus kita aplikasikan di semua bidang, dimana gotong royong dan hidup rukun merupakan budaya leluhur orang Jawa agar terap dilestarikan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Pakuwaja merupakan rumah besar orang Jawa di Kaltara, yang terdiri dari pilar-pilar soko. Baik dari Jawa Timur, Jawa Tengah maupun Jawa Barat. Serta Ikatan Perempuan dan Pemuda Pakuwaja yang terbentuk mulai tingkat  ranting, cabang hingga pusat.

“Pakuwaja akan terus bersinergi dengan pemerintah untuk bersama- sama memberikan kontribusi nyata, untuk meningkatkan kemajuan pembangunan Kaltara di Hati,” tukasnya.

Sementara Ketua Pakuwaja Tana Tidung, Mualif menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya Safari Ramadan di KTT.

Mualif berharap melalui Safari Ramadan ini, keberadaan Pakuwaja di Kaltara agar tetap lebih solid guyub rukun  dan bisa bersinergi dengan Paguyuban lainnya.

“Serta bisa memberikan  kontribusi nyata buat kemajuan pembangunan daerah, termasuk Kabupaten Tana Tidung,” ujarnya.

Tampak hadir dalam kegiatan ini di antaranya Dewan Pengawas Pakuwaja Kaltara, Drs Heri Rudyono, Sekretaris II Pakuwaja Kaltara Hj.Sri Sulastiningsih, Ketua I Pakuwaja Kaltara Suhardjo Trianto, Bendahara M.Nasir, serta Ketua Pakuwaja Tarakan H.Djamin beserta jajaran pengurus lainnya. (kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here