Songsong Pemilu 2024, Kanwil Kemenkumham Kaltim Gelar Sosialisasi Parpol di Kaltara

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR –Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Timur menyelenggarakan sosialisasi partai politik (parpol), Selasa (11/4/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Luminor Hotel, Tanjung Selor mengambil tema “Peran Partai Politik  Menyongsong Pemilu Tahun 2024”.                

Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim Sofyan mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk memberi pemahaman dan informasi terkait permohonan pengesahan badan hukum parpol. Hal ini sesuai ketentuan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 34 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pendaftaran Pendirian Badan Hukum.,

“Saya berharap melalui kegiatan ini kita semua dapat berkonsolidasi dan bersinergi antarstakeholder yang berkaitan dengan peran partai politik dalam menyongsong Pemilu yang akan diselenggarakan pada tahun 2024,” ujarnya.

Sementara Gubernur Kalimantan Utara yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Kesatuan Bangsa dan Pemerintahan Amir Bakri, menyampaikan bahwasanya politik merupakan hal yang melekat pada lingkungan hidup manusia yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia sebagai individu maupun sebagai bagian dari kelompok masyarakat.,

“Hubungan politik dengan partai politik tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena saling keterkaitan. Partai Politik sejatinya adalah jembatan antara rakyat dan pemerintah,” katanya.

Oleh karena itu kehadiran parpol merupakan salah satu pilar dan institusi demokrasi yang penting dalam membangun politik yang lebih berkualitas dan beradab.

Di akhir sambutannya, ia juga menyampaikan bahwasanya pembinaan sosial politik menuju Pemilu sangat penting untuk dilaksanakan. Tujuannya agar dapat mengantisipasi peluang terjadinya konflik di bidang sosial politik.

“Idealnya Pemilu tidak hanya diikuti oleh jumlah pemilih yang banyak, sehingga angka partisipasi menjadi tinggi, melainkan juga berlangsung dalam suasana yang kompetitif, transparan, adil dan akuntabel serta berkualitas, sehingga dapat menghasilkan pilihan-pilihan pemimpin politik yang kompeten,” tutupnya.  (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here