Bupati Ibrahim Ali Ajak Bersama ASN dan Masyarakat Tunaikan Zakat Fitrah di Baznas

Bupati Ibrahim Ali saat menunaikan zakat fitrah sekaligus mengajak para ASN dan masyarakat menunaikannya di Baznas.

KAYANTARA.COM, TIDENG PALE – Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali beserta Sekretaris Daerah, Asisten dan jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serentak menunaikan membayar zakat fitrah di Badan Amil Zakat Nasioanal (Baznas).

Zakat fitrah tersebut dilaksanakan di Pendopo Djaparudin, Senin (10/4/2023), terlihat juga para pejabat lainnya yang ada di KTT juga bersama-sama menyalurkan kewajibanya untuk membayar zakat fitrah.

“Alhamdullilah bupati juga mengajak semua lapisan masyarakat dan para ASN untuk menunaikan zakatnya di Baznas,” ujar Ketua Baznas Tana Tidung Ustaz Muhammad Syamsuri Abdillah.

Dijelaskan, zakat fitrah merupakan suatu kewajiban yang dititahkan bagi setiap jiwa individu muslim dan muslimah. Dengan tibanya bulan suci Ramadan, merupakan awal waktu pelaksanaan penyampaian zakat fitrah dan akan berakhir saat Idulfitri.

“Dari awal puasa kemarin, pengumpulan zakat sudah mulai berjalan, jadi bagi siapa saja yang ingin berzakat fitrah silahkan datang ke kantor Baznas KTT atau di Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang sudah kita tunjuk,” ungkapnya.

Diakuinya, kadar zakat tersebut kini dibagi menjadi tiga golongan harga beras, kendati berat timbangan 2,5 kilogram. Yakni kategori pertama jika dirupiahkan maka nilanya sebesar Rp 42.500, kategori kedua Rp 40.000 dan kategori ketiga Rp 35.000.

“Selain zakat fitrah juga ditetapkan kadar fidyah yang dapat digantikan dengan uang yang senilai dengan makanan yang dikonsumsi dengan nilai minimal Rp 30 ribu rupiah per jiwa per hari,”jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali, juga mengatakan bahwa membayar zakat adalah kewajiban yang harus ditunaikan bagi setiap individu baik lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan.

Disebutkan, kata fitrah yang ada merujuk pada keadaan manusia saat baru diciptakan sehingga dengan mengeluarkan zakat ini manusia dengan izin Allah SWT akan kembali fitrah.

“Membayar zakat merupakan kewajiban yang harus kita tunaikan bukan sekadar kerelaan saja. Namun penggalangan zakat, infak dan sedekah jika digali lebih dalam akan membantu memperlancar berbagai program pemerintah karena kehadiran pemerintah bukan hanya sebagai pelayan masyarakat tapi ada fungsi sosial menyertainya,”kata Ibrahim Ali.

Maka dari itu Ia mengajak masyarakat untuk menyalurkan zakat melalui Baznas Tana Tidung khususnya ASN, honorer dan warga pesisir agar menyalurkan melalui unit pengumpul zakat (UPZ) setempat.

Bupati mengimbau kepada masyarakat untuk menunaikan zakat fitrah mulai dari sekarang sebelum melaksanakan salat Idul Fitri. Hal ini agar zakat yang dikumpulkan Baznas bisa disalurkan secepatnya kepada yang berhak menerima.

“Ayo bagi para masyarakat segera tunaikan zakatnya, mengingat tidak lama lagi kita akan merayakan Idul Fitri, segeralah tunaikan zakat fitrah,” tukasnya.

Usai menyerahkan zakat fitrah dan zakat malnya, Bupati berharap Baznas Tana Tidung menjadi tempat penyaluran zakat, baik ASN, perusahaan maupun masyarakat umum lainnya di Kabupaten Tana Tidung.

Melalui penyaluran zakat fitrah, zakat mal dan infak di Baznas juga diharapkan di hari kemenangan nanti atau Idul Fitri, tidak ada masyarakat Tana Tidung yang tidak memiliki pangan.

“Mudah-mudahan penyalurannya ke depan terarah, dan betul-betul diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan,”harapnya

Setelah menunaikan zakat fitrahnya, Bupati Ibrahim Ali juga memberikan bantuan zakat provinsi kepada perwakilan mustahik. (rk/adv)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here