Peringatan Hardiknas Digelar di SMK 2 Tarakan, Dimeriahkan Parade Marching Band

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2023 di Provinsi Kalimantan Utara bakal berlangsung meriah. Hajatan akbar bagi dunia pendidikan Tanah Air itu sekaligus dirangkai perayaan ke-27 Hari Otonomi Daerah (Otda) yang jatuh pada 25 April.

SMK Negeri 2 Tarakan dipilih Pemprov Kaltara sebagai lokasi upacara peringatan kedua hari bersejarah perjalanan bangsa ini. Adapun, peringatan Hardiknas tahun ini bertemakan “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi juga menetapkan bulan Mei sebagai waktu pencanangan Merdeka Belajar.

“Selain acara inti (upacara), ada parade marching band, hiburan berupa tarian dan kesenian lainnya. Juga ada gelar karya siswa sekolah di Tarakan,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara H. Sudarsono di sela-sela meninjau kesiapan lokasi acara, Sabtu (29/4).

Sesuai jadwal, upacara peringatan Hardiknas dan Hari Otda dimulai pukul 09.00 Wita. Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang akan bertindak sebagai inspektur. Sebelumnya pada pukul 06.30 Wita, didahului parade marching band dari dua sekolah, yakni SMK Negeri 1 Tarakan dan SMA Hang Tuah Tarakan. Turut dalam parade ini perwakilan siswa kedua sekolah tersebut.

Adapun, mengambil titik start di Kantor Cabang Disdikbud Kaltara Wilayah Tarakan di Jalan Mulawarman berjalan menuju SMK Negeri 2 Tarakan di Jalan Aki Balak. Diestimasi jarak tempuh sejauh 2,9 kilometer.

Diterangkan Sudarsono yang juga ketua panitia pelaksana peringatan Hardiknas, jumlah peserta upacara mencapai 1.150 orang. Peserta berasal dari unsur siswa SMA dan SMK, serta guru dan tenaga kependidikan seluruh jenjang pendidikan. Mulai PAUD/TK/SD/SMP/MTS/SMA/SMK/MA. Selain itu diikuti ASN, TNI, dan Polri. Turut diundang, kepala perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltara.

“Busana yang dipakai pakaian adat tradisional. Khusus TNI dan Polri menggunakan PDU (pakaian dinas upacara) IV,” imbuhnya.

Setelah upacara, Gubernur Kaltara akan meresmikan sejumlah proyek di SMK Negeri 2 Tarakan. Selain itu, menyerahkan secara simbolis bantuan keuangan berupa insentif kepada guru dan tenaga kependidikan semua jenjang Pendidikan. Mulai TK/ PAUD/ SD/ SMP/ MTS/ MA negeri dan swasta di seluruh kabupaten/ kota di Kaltara.

Gelar Karya Tampilkan Beragam Produk Siswa

MOMENTUM peringatan Hardiknas juga akan dijadikan ajang pamer karya siswa. Terhadap itu, Ketua Panpel Sudarsono memiliki alasan di balik adanya kegiatan tersebut.

“Itu bagian dari bentuk pertanggungjawaban pendidikan ke publik,” ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan begitu sesungguhnya mau menunjukkan ke khalayak luas bahwa banyak produk yang sudah dihasilkan siswa. Dan, hal tersebut merupakan bagian dari implementasi inovasi yang telah dilakukan lembaga pendidikan sekolah.

Melalui bimbingan dan didikan para guru, siswa mampu menciptakan karya. Hal tersebut sekaligus membuktikan kerja nyata pendidik menghasilkan siswa yang mampu berdaya saing di tengah tantangan dan perubahan zaman yang berkembang pesat.

“Di situlah perlunya peran pendidikan. Menanamkan keseimbangan diri agar siswa dapat beradaptasi dan memiliki jati diri yang kuat,” papar dia.

Disdikbud Kaltara terus mendorong sekolah di bawah kewenangan pemprov untuk berbenah dan bergerak bersama-sama demi kemajuan pendidikan. “Itu sejalan dengan tema peringatan Hardiknas tahun ini. Pak Gubernur untuk urusan pendidikan selalu memberi dukungan,” pungkasnya. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here