Wakapolda Kaltara: Waspada Penumpang Travel yang Mencurigakan

Jumat Curhat Polda Kaltara bersama Komunitas Travel

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Jumat Curhat yang menjadi agenda rutin mingguan Polda Kalimantan Utara berlanjut di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, pada 5 Mei 2023.

Jumat Curhat yang kali ini dipimpin oleh Wakapolda Kaltara, Brigjen Pol Kasmudi beserta jajarannya menghadirkan komunitas travel.

Dalam sambutannya, Wakapolda menyampaikan bahwa kemajuan suatu daerah tidak lepas daripada transportasi di daerah tersebut. Perekonomian akan meningkat apabila ditunjang dari kelancaran arus transportasi, baik keluar maupun ke dalam daerah.

Pada kesempatan ini juga digelar tanya jawab serta diskusi terkait aktvitas yang mereka tekuni sehari-hari. Seperti yang disampaikan salah satu pengemudi bernama Rio dari perwakilan Delta Travel.

Ia mengungkapkan saat ini para pengemudi tengah meresahkan dan mengeluhkan aksi penumpang luar daerah membawa barang ilegal tanpa sepengetahuan si pengemudi.

Hal ini berakibat pengemudi bisa dikaitkan dengan tindak pidana dan berakhir dengan penyitaan kendaraan. Menanggapi pertanyaan tersebut, Wakapolda Kaltara menyampaikan bahwa hal ini merupakan dilema yang selalu dirasakan oleh seluruh komunitas travel. Dalam konteks ini Wakapolda Kaltara memberikan saran untuk seluruh komunitas memasang stiker larangan membawa barang ilegal, narkoba dan senjata tajam.

“Jika suatu saat terjadi pemeriksaan dan terbukti bahwa ada penumpang yang membawa barang yang dilarang, maka travel terlepas dari permasalahan,” paparnya.

Namun tetap ditekankan bahwa untuk tetap selalu waspada kepada penumpang yang mencurigakan dan segera melapor jika ada indikasi berbahaya.

Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol Budi Rachmat menambahkan terkait bentuk pelaporan yang dapat dilakukan oleh komunitas travel apabila menemukan indikasi yang mencurigakan oleh penumpang, maka komunitas bisa menginstal Super App Presisi.  

Di mana setiap kejadian dapat terpantau bahkan lokasi pelapor dapat diketahui. Hal ini dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan pelaporan tanpa harus mendatangi Polres atau Polsek terdekat.

Dengan dilaksanakan dialog Jumat Curhat ini, komunitas travel sangat mengapresiasi Polri khususnya Polda Kaltara. “Karena dengan kegiatan ini, terbentuklah komunikasi dua arah secara langsung yang mampu meningkatkan sinergitas Polri dan masyarakat. Sehingga sitkamtibmas yang aman, nyaman dan damai dapat diwujudkan,” kata Kombes Budi. (kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here