Pemprov Kaltara Bakal Gelar Seleksi Pemuda Pelopor 2023

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara kembali akan menyelenggarakan seleksi Pemuda Pelopor 2023. Tahun ini, ada 5 (lima) bidang kepeloporan yang dilombakan.

Diantaranya yakni Bidang Pendidikan, Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Bidang Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata, Bidang Pangan dan Bidang Teknologi.

“Kegiatan ini sempat berhenti diselenggarakan akibat pandemi Covid-19. Alhamdulillah dengan membaiknya kondisi pandemi, kegiatan dapat kembali digelar,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemuda pada Dispora Provinsi Kaltara, Muhammad Mursid, Selasa (23/5/2023).

Mursid menjelaskan, bahwa seleksi pemuda pelopor 2023 terbuka untuk umum. Artinya, semua pemuda usia 16 sampai 30 tahun dapat mendaftar untuk mengikuti lomba, dengan memenuhi syarat yang sudah ditetapkan. (Info pendaftaran selengkapnya liat infografis)

“Usia 16 sampai 30 tahun, tidak pernah melakukan perbuatan tercelah, belum pernah meraih penghargaan kepeloporan tingkat Nasional,” jelas Mursid.

“Syarat lainnya, memiliki karya nyata berkualitas dibidang kepeloporan, dan telah dirintis minimal 1 (satu) tahun,” tambahnya.

Sementara itu, terkait dengan pendaftaran dilakukan oleh masing-masing kabupaten/kota melalui Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Oleh kabupaten/kota, pemuda pelopor yang terpilih dari hasil seleksi kemudian diseleksi di tingkat provinsi pada Juni mendatang. Saat ini, baru Nunukan yang menyerahkan daftar 5 pemuda pelopor ke Dispora Kaltara,” jelas Mursid.

Mursid mengharapkan melalui ajang ini, akan menarik minat dan motivasi pemuda khususnya genarasi muda Kaltara sehingga bisa memajukan kepemudaan di Provinsi Kalimantan Utara. “Pemuda diharapkan tampil sebagai garda terdepan untuk memberikan kontribusi efektif, kreatif, dan inovatif,” pungkasnya. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here