Gubernur Sebut Deklrasi Bangsawan Melayu di Maros Goresan Tinta Emas Sejarah Bangsa

KAYANTARA.COM, MAROS – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang S.H., M.Hum menghadiri acara Perhimpunan Agung Silaturahmi Akbar dan Deklarasi Majalesi Bangsawan Keturunan Melayu se-Sulawesi di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (1/6/2023).

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang ikut menghadiri acara itu bersama Raja Muda ke-12 Kesultanan Bulungan, Datu Dissan Hasanuddin Maulana. Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam, S.IP., M.H hadir bersama wakilnya Suhartina Bohari.

Gubernur Kaltara mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk menjaga dan melestarikan adat istiadat Melayu sebagai sebuah entitas Budaya dan peradaban.

Dikatakan Gubernur, orang nomor satu di Kaltara, terbentuknya majelis adat serumpun bangsawan melayu se-Sulawesi akan menjadi goresan tinta emas dalam sejarah bangsa.

“Baru kali ini seluruh trah (garis,red) keturunan bangsawan melayu berkumpul menjalin kembali ikatan kekeluargaan yang sempat terpisah dan menyebar ke berbagai penjuru negeri. Salah satu momentum yang sangat bersejarah bagi Bangsawan Melayu,” kata Gubernur Kaltara Zainal Paliwang.

“Kehadiran disini, turut menjadi saksi kaum melayu Sulawesi bangkit bersama, tidak hanya sebagai akumulasi dari kerinduan seluruh trah keturunan melayu di Sulawesi. Tetapi juga akan menjadi saksi atas terpasangnya tonggak sejarah rumpum melayu, yang kelak akan menjaga dan melestarikan adat istiadat melayu sebagai sebuah entitas budaya dan peradaban dari para generasi pendahulu,” pungkasnya. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here