64 Karung Ballpres Ilegal Digagalkan Lantamal XIII Tarakan

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIII Tarakan dibawah Koarmada II berhasil menggagalkan penyelundupan barang ilegal di laut berupa ballpress atau pakaian bekas yang diangkut oleh KM. Lumba-lumba sebanyak 64 karung.

Ballpress tersebut diangkut dari Tawau Malaysia menuju Muara Sungai Talisayan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Deni Herman, mengatakan bahwa penyeludupan yang berhasil digagalkan ini diawali dengan adanya kecurigaan personel Pos TNI AL Tanjung Batu yang sedang melaksanakan patroli dan dengan pengembangan informasi yang berhasil diperoleh.

“Kapal yang berhasil digagalkan adalah KM. Lumba – lumba yang dinahkodai inisial R (24) dan 1 orang Abk inisial Y (20) selanjutnya dikawal menuju Posal Tanjung Batu guna penyelidikan awal dan persiapan dikawal KAL Bunyu menuju Tarakan,” ujarnya

Ia juga menjelaskan Pada hari Sabtu, tanggal 15 Juli 2023 pukul 07.00 Wita, KAL Bunyu melaksanakan pengawalan terhadap KM. Lumba – Lumba menuju Tarakan untuk dilaksanakan penyelidikan lebih lanjut.

“Penindakan penangkapan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 40 Tahun 2022 tentang perubahan Permendag No. 18 tahun 2021 yang mengatur larangan ekspor/impor ilegal barang bekas (pakaian,sepatu, dan lainnya) di Indonesia, maka TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal XIII Tarakan turut serta dalam menjalankan kebijakan pemerintah tersebut dengan pelaksanakan patroli rutin secara masif guna meminimalisir segala bentuk ancaman dan pelanggaran hukum di perairan wilayah kerja Lantamal XIII,” tegasnya. (*)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here